Profil Assalam FC, Klub Timor Leste yang Resmi Rekrut Pemain Indonesia Amir Hamzah

Klub Timo Leste resmi rekrut pesepak bola asal Indonesia, Amir Hamzah

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 23 Februari 2023 | 19:32 WIB
Pemain Liga 2, Amir Hamzah gabung klub Timor Leste. (Instagram/assalamfutebol)

Pemain Liga 2, Amir Hamzah gabung klub Timor Leste. (Instagram/assalamfutebol)

Gol.bolatimes.com - Pesepak bola asal Indonesia, Amir Hamzah, memutuskan untuk bergabung dengan klub Timor Leste, Assalam FC, setelah tak bisa melanjutkan kariernya bersama klub Liga 3, Persip Pekalongan.

Karier Amir Hamzah tentu diselamatkan oleh Assalam FC lantaran kompetisi Liga 2 dan Liga 3 diputuskan untuk tak dilanjutkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Kepastian soal transfer ini diketahui dari unggahan Assalam FC yang menyambut kedatangan Amir Hamzah lewat media sosial Instagram-nya yang bernama @assalamfutebol.

"Berita transfer pemain. Kami mengumumkan telah merekrut pemain asing, Amir Hamzah. Selamat datang di klub AH9 dari Indonesia!" tulis akun resmi Assalam FC, @assalamfutebol di Instagram, Minggu (19/2/2023).

Amir Hamzah merupakan penggawa Persip Pekalongan yang berkiprah di Liga 3. Ia bahkan merupakan tulang punggung bagi tim berjuluk Laskar Kalong tersebut.

Hal ini terbukti pada Liga 3 2021 lalu, di mana ia berhasil membawa Persip Pekalongan menembus 10 besar Liga 3 zona Jawa Tengah.

Lalu, bagaimana dengan latar belakang klub Assalam FC? Berikut Bolatimes.com menyajikan profilnya.

Assalam Futebol Clube atau yang biasa dikenal dengan Assalam FC merupakan klub sepak bola profesional asal Timor Leste yang berbasis di Dili.

Tim yang memiliki julukan sebagai The Green Troops alias Pasukan Hijau ini berbasis di Estadio Municipal de Dili yang berkapasitas 15 ribu penonton.

Sebagai informasi, Assalam FC berkompetisi di Liga Futebol Amadora untuk Primeira Divisao alias divisi utama yang menjadi kasta tertinggi di kompetisi sepak bola Timor Leste.

Sebelumnya, mereka berstatus sebagai jawara Segunda Divisao alias kasta kedua pada musim 2018 dan mendapatkan tiket promosi ke Primeira Divisao untuk kali pertama.

Ini memang keberhasilan yang sudah sangat dinantikan klub yang dibangun sejak tahun 2008 itu untuk bisa bersaing di kompetisi kasta tertinggi.

Pasalnya, sepanjang perjalanannya, mereka hanya bisa bermain di kasta kedua. Upaya untuk promosi pun gagal diwujudkan. Prestasi terbaiknya ialah menduduki peringkat kedua di fase Grup B dan gagal lolos ke play-off untuk menembus babak final.

Pencapaian itu setidaknya sudah dua kali dilakukan oleh Assalam FC, yakni pada Segunda Divisao musim 2016 dan 2017.

Selebihnya, tak ada prestasi berarti yang bisa diciptakan oleh Assalam FC sepanjang perjalanannya di dunia sepak bola Timor Leste.

Mereka hanya bisa meraih dua kali runner-up pada ajang Taca 12 de Novembro alias turnamen nasional yang digelar oleh Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL).

Keberhasilan itu diraih setelah mereka lolos ke final pada dua edisi. Sayangnya, final pertama mereka kalah dari Ponta Leste pada 2016, lalu pada edisi 2018 kalah dari Atletico Ultramar.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak