3 Alasan Timnas Indonesia U-20 Bisa Lolos dari Fase Grup Piala Asia U-20 Meski Skuat Seadanya

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A diyakini bisa lolos karena 3 faktor ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 26 Februari 2023 | 18:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 diprediksi bakal menemui jalan terjal saat berkompetisi di Piala Asia U-20 2023. Meski begitu, skuad Garuda Nusantara masih punya peluang untuk lolos dari fase grup.

Shin Tae-yong sendiri sudah menetapkan 23 nama pemain yang bakal dibawa ke Piala Asia U-20 tahun ini. Dari daftar yang dikeluarkan, nama-nama penting tak dibawa oleh Shin.

Sebut saja di antaranya tidak ada Marselino Ferdinan yang kini tengah membela klub Belgia, KMSK Deinze. Kemudian belum ada pemain-pemain naturalisasi seperti Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1 2022: Ditahan Imbang Madura United, Persija Jakarta Gagal Naik ke Peringkat 2

Timnas Indonesia U-20 sendiri berada di Grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan. Lantas, apa saja alasan Timnas Indonesia U-20 bisa lolos dari fase grup Piala Asia U-20 meski dengan skuad seadanya.

1. Sama-sama Buta Kekuatan Lawan

Dari empat tim yang ada di Grup A, hampir semua tim belum mengetahui pasti kekuatan lawannya. Hal ini bisa menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia U-20 karena permainan mereka belum bisa ditebak tiga lawannya nanti.

Baca Juga: Hasil Minor Buat Livepool kian Terpuruk, James Milner Minta Rekan Setimnya segera Berbenah

Meski begitu, hal ini juga berlaku buat Arkhan Fikri dan kolega yang masih cukup buta dengan kekuatan lawan-lawan di fase grup Piala Asia U-20 2023.

2.  Keberuntungan

Keberuntungan menaungi skuad Garuda Nusantara, hal ini tak lepas dari tergabung di Grup A bersama tuan ruma Uzbekistan, Suriah dan Irak. 

Baca Juga: FIFA Matchday: Laos Akan Hadapi Negara yang Pernah Dibantai Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kekuatan sepak bola Indonesia di level kelompok umur sendiri, sebetulnya bisa diadu dengan sederet tim Asia lain, termasuk ketiga lawan di Piala Asia U-20.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin skuad arahan Shin Tae-yong nantinya bisa memberi kejutan dengan mengalahkan lawan-lawannya di fase grup.

3. Tidak Pasang Target Tinggi

Baca Juga: 4 Negara yang Jadi Calon Terkuat untuk Juarai Piala Asia U-20 2023, Ada Timnas Irak U-20

Timnas Indonesia U-20 bisa dibilang bakal tampil lepas tanpa beban karena Shin Tae-yong sendiri tidak menaruh target tinggi di Piala Asia U-20.

Oleh karena itu STY tidak terlalu menyesalkan ketika hanya bisa membawa 50% saja kekuatan di skuad Timnas Indonesia U-20 pada Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, hasil di Piala Asia U-20 2023 tidak berdampak apapun terhadap status Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20 2023. Shin Tae-yong hanya ingin mengukur sejauh mana kualitas bermain anak asuhnya untuk mengukur kekuatan yang akan diandalkan di Piala Dunia nanti.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak