Pelatih Timnas Australia Kasih Bocoran ke Shin Tae-yong untuk Kalahkan Suriah U-20, Begini Strateginya

Indonesia U-20 memiliki catatan evaluasi yang harus dibenahi sebelum bertemu dengan Suriah U-20.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Kamis, 02 Maret 2023 | 15:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan pernyataan kepada pewarta usai memimpin latihan timnas U-20 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/2/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan pernyataan kepada pewarta usai memimpin latihan timnas U-20 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/2/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memiliki opsi yang bisa ditiru untuk mengalahkan Suriah U-20 dalam Piala Asia U-20, Sabtu (4/3/2023) mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Pelatih Timnas Australia U-20, Trevor Morgan. Di mana ia mampu membongkar strategi Vietnam U-20 hingga berhasil mengalahkan anak asuhnya yang notabene tim kuat di Asia.

Timnas Vietnam U-20 memetik hasil positif di laga perdananya menghadapi Australia. Kemenangan 1-0 mengantarkan skuad asuhan Hoang Anh Tuan menduduki peringkat kedua di klasemen sementara Grup B.

Trevor cukup terkejut saat dirinya melihat permainan Vietnam U-20. Pasalnya mereka menggunakan skema taktis yang tak diduga olehnya, meski ia sudah mengantongi gaya bermain serta kelemahan-kelemahan lawan.

"Sebelumnya mereka menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-5-1. Tapi saat bertemu, mereka justru menggunakan formasi lain, 5-4-1," kata Trevor dikutip dari Zing News, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, Vietnam U-20 kerap masuk ke celah-celah pertahanan Australia yang mampu ditembus dengan baik. Sehingga Australia yang sudah merapatkan pertahanan tak berkutik.

Pelatih Australia U-20, Trevor Morgan (AFC)
Pelatih Australia U-20, Trevor Morgan (AFC)

"Vietnam U-20 memiliki rencana yang bagus. Mereka juga berhasil mengeksploitasi celah yang kami tinggalkan," ujar dia.

Ia juga mengapresiasi kemampuan pemain muda Vietnam yang masih konsisten bermain bagus di masa lalu hingga saat ini.

"Mereka bermain seperti yang mereka tunjukkan di pertandingan sebelumnya. Jadi saya tak begitu terkejut dengan hasilnya," terang Trevor.

Selain itu, Trevor mengakui skema umpan pendek serta posisi para pemain yang saling menguatkan satu sama lain. Sehingga pemain Vietnam jarang kehilangan bola dan bisa membangun serangan cepat ketika muncul peluang.

Hal itu berhasil dilakukan Nguyen Quoc Viet melalui umpan pendek dan bolongnya pertahanan Australia. Tendangan keras dari luar kotak penalti yang dia lakukan mampu merobek jala kiper Australia.

Hal ini tentu bisa jadu masukan untuk Timnas Indonesia U-20. Permainan umpan pendek dan finishing jadi kunci yang bisa membuat kemenangan di pertandingan selanjutnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak