Profil Lim Teong Kim, Pelatih Klub Malaysia yang Ingin Panggil Dukun Indonesia agar Bisa Menang

Lim Teong Kim berseloroh tertarik minta bantuan dukun Indonesia.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 03 Maret 2023 | 17:00 WIB
Pelatih Perak FC yang bertarung di Liga Super Malaysia, Lim Teong Kim saat diwawancarai. (Twitter/@ASTROARENA)

Pelatih Perak FC yang bertarung di Liga Super Malaysia, Lim Teong Kim saat diwawancarai. (Twitter/@ASTROARENA)

Gol.bolatimes.com - Pelatih klub Perak FC, Lim Teong Kim, menyampaikan pernyataan yang menggelitik setelah timnya bertanding melawan PDRM FC pada pekan kedua Liga Super Malaysia 2023.

Seusai pertandingan, Lim Teong Kim mengakui bahwa dirinya ingin memanggil dukun asal Indonesia untuk membantunya meraih kemenangan.

Pernyataan menggelitik yang dibuat oleh Lim Teong Kim, itu memang bukan tanpa alasan. Sebab, dalam Liga Super Malaysia yang baru bergulir dua pekan, timnya tak kunjung meraih kemenangan.

Pada laga terakhirnya, Perak FC harus puas dengan skor imbang 0-0 menghadapi PDRM FC. Lim mengaku bahwa anak asuhnya punya banyak peluang untuk mencetak gol. Namun hal itu selalu gagal.

"Banyak kesempatan untuk buat gol. Ya saya akui kecewa dengan hasil itu. Pemain sudah berusaha, dan mungkin kami harus memanggil dukun dari Indonesia," seloroh Lim dikutip dari Twitter Astro Arena, Jumat (3/3/2023).

Bermain imbang pada pertandingan keduanya itu membawa Perak FC hanya duduk di peringkat 10 klasemen sementara Liga Super Malaysia 2023 dengan koleksi satu poin.

Profil Lim Teong Kim

Lim Teong Kim merupakan mantan pesepak bola profesional asal Malaysia yang kini sudah menempuh karier sebagai pelatih. Dia tercatat lahir di Melaka, Malaysia, pada 26 Agustus 1963.

Ketika masih aktif bermain sepak bola, Lim Teong Kim sempat memperkuat sejumlah klub Liga Malaysia, mulai dari Melaka (1983), Kuala Lumpur (1984-1986 dan 1987-1991), Negeri Sembilan (1992), Kedah (1993-1994), dan Union Deportiva Ibiza (1994-1997).

Salah satu pengalaman menariknya ialah ketika merumput bersama klub Liga Jerman, Hertha BSC, pada tahun 1987. Namun, ia hanya bermain di sana selama semusim sebelum kembali ke Malaysia.

Dia juga berstatus sebagai salah satu pemain legendaris Timnas Malaysia. Sebab, ia adalah sosok penting di balik keberhasilan Harimau Malaya meraih medali emas SEA Games 1989.

Sepanjang kariernya bermain sebagai pesepak bola, dia memang sudah mencatatkan 12 gol dari 60 penampilan internasionalnya bersama Timnas Malaysia.

Adapun karier kepelatihannya justru dimulai bersama Bayern Munich Junior pada 2001 hingga 2011. Lalu, pada 2013, dia pulang ke Malaysia karena mendapatkan kontrak selama lima tahun dari Kementerian Olahraga.

Ketika itu, Lim Teong Kim diminta untuk menjadi Direktur Proyek National Football Development Programme (NFDP).

Setelah itu, pada 2016, dia ditunjuk sebagai Direktur Mokhtar Dahari Academy (AMD). Kontraknya sebetulnya berlangsung hingga 2020.

Akan tetapi, Lim didepak dari tugasnya tersebut karena gagal membawa Timnas Malaysia U-16 merebut tiket ke Piala Dunia U-17 2019. Saat ini, dia bekerja sebagai pelatih Perak FC yang ditunjuk sejak 13 September 2022. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak