Profil Niko Takahashi, Pemain Akademi La Masia yang Digadang Jadi Bintang di Piala Asia U-20

Niko Takahashi digadang jadi bintang baru di Piala Asia U-20 2023, siapakah dia?

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 03 Maret 2023 | 21:30 WIB
Potret Niko Takahashi. (Twitter)

Potret Niko Takahashi. (Twitter)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Niko Takahashi, pemain akademi La Masia milik Barcelona yang digadang-gadang akan jadi bintang Piala Asia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 saat ini telah bergulir, di mana hampir setiap tim kontestannya telah melakoni satu pertandingan di fase grup.

Pada ajang ini, terdapat 16 kontestan yang berisikan negara-negara top Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, Irak, hingga Australia.

Baca Juga: Deretan Talenta Penyerang Spanyol di Real Madrid, Terkini Ada Sosok Alvaro Rodriguez

Banyaknya negara-negara top yang berpartisipasi membuat negara-negara itu membawa beberapa pemain bintangnya yang berkarier di kancah domestik maupun di Eropa.

Salah satunya adalah Jepang yang memanggil para pemain topnya agar bisa memenuhi ambisi menjadi juara Piala Asia U-20 2023.

Salah satu yang pemain bintang yang dipanggil adalah Niko Takahashi yang merupakan pemain didikan akademi La Masia milik raksasa Spanyol, Barcelona.

Baca Juga: 3 Alasan Timnas Indonesia U-20 Bisa Kalahkan Suriah, Buka Peluang Lolos ke Perempat Final

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu turut bergabung dalam 23 pemain yang dibawa Jepang untuk Piala Asia U-20 2023.

Lantas, siapakah sosok Niko Takahashi tersebut? Akankah ia menyusul para seniornya seperti Takumi Minamino dan Ritsu Doan dengan menjadi bintang Piala Asia U-20 2023?

Berdarah Jepang, Lahir di Spanyol

Baca Juga: Timnas Indonesia U-20 Tak Ingin Kebobolan Lawan Suriah, Efek Kedatangan Pemain Keturunan Jerman?

Niko Takahashi merupakan pemain berkebangsaan Jepang yang lahir di Barcelona, Spanyol, pada 17 Agustus 2005 atau 17 tahun silam.

Ia lahir dari pernikahan antar ras. Diketahui, sang ibu merupakan warga Jepang, sedangkan sang ayah merupakan warga Argentina.

Saat masih kecil, Niko Takahashi tak langsung bermain sepak bola. Ia memulai kiprahnya dengan bermain di olahraga futsal.

Baca Juga: Usai Debut di KMSK Deinze, Marselino Ferdinan Ungkap Hasrat Besar Ingin Main di Liga Champions

Bakatnya kemudian membuatnya membela tim lokal, yakni FCB Penas di La Floresta. Dari sana ia bergabung San Cugat dan Cornella.

Setelah itu, Niko Takahashi membela tim besar Catalunya seperti Espanyol, Girona, dan kini bermain bagi akademi Barcelona pada 2019.

Niko Takahashi pun kemudian memilih bertahan lama di Barcelona yang merupakan tim idolanya dengan meneken perpanjangan kontrak pada 2021 lalu.

Bakat Niko Takahashi bahkan membuat media Inggris, The Guardian, memasukkannya sebagai salah satu pemain kelahiran 2005 paling berbakat di dunia.

Bakatnya ini pun membuat Jepang bergerak cepat untuk memanggil Niko Takahashi agar dirinya tak membela Spanyol ataupun membela Argentina.

Pertama kali Jepang memanggil Niko Takahashi pada 2020 lalu untuk masuk tim U-16. Di saat bersamaan, ia juga dipanggil Spanyol untuk bermain bagi tim U-16 dan sempat didekati Argentina.

Namun Niko Takahashi memutuskan bermain bagi Jepang pada Mei 2022 dan bermain bagi tim U-19 Samurai Biru tersebut dalam sebuah turnamen bertajuk Maurice Revello.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak