3 Wonderkid Ini Bisa Dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia U-17, Satu di Timnas Belanda U-17

Para pemain ini bisa dipanggil PSSI jika Timnas Indonesia U-17 tampil di Piala Dunia U-17 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 04 April 2023 | 15:30 WIB
Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia. (Instagram/@julianoerip)

Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia. (Instagram/@julianoerip)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pemain keturunan Indonesia bisa menjadi target selanjutnya untuk program naturalisasi pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-17.

Program naturalisasi pemain ini memang sudah semestinya dilakukan untuk level Timnas Indonesia U-17. Sebab, ada beberapa nama pemain muda yang cukup potensial untuk diajak kembali menjadi WNI.

Jika para pemain muda ini terus berkembang bersama Timnas Indonesia U-17, bukan tidak mungkin mereka akan semakin bersinar dan menjadi pemain andalan skuad Garuda di masa depan.

Baca Juga: Media Vietnam Merasa Kasihan dengan Indonesia, Ulah Oknum Suporter di Laga BRI Liga 1 jadi Pemicunya

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain yang bisa dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17.

1. Abdurrahman Iwan

Pemain asal Indonesia, Abdurrahman Iwan yang membela Qatar U-17 dan sukses tembus Piala Asia U-17 2023. (Facebook/Abdurrajman Iwan)
Pemain asal Indonesia, Abdurrahman Iwan yang membela Qatar U-17 dan sukses tembus Piala Asia U-17 2023. (Facebook/Abdurrajman Iwan)

Meskipun saat ini bermain untuk timnas Qatar U-17, Abdurrahman Iwan bukanlah pemain keturunan. Sebab, dia benar-benar pemain yang berasal dari Indonesia dan lahir dari pasangan WNI.

Baca Juga: Tetap Ingin Bela Timnas Indonesia Meski Gagal Tampil di Piala Dunia U-20, Ini Alasan Ivar Jenner Cs

Kedua orang tuanya ialah Iwan Kuswanto dan Tarini yang berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten. Saat ini, kedua orang tua Iwan memang tinggal di Qatar karena bekerja di salah satu perusahaan di sana.

Harapan untuk bisa mendapat panggilan dari timnas Indonesia sempat disampaikan Iwan yang mengunggah sebuah foto saat sedang menjalani TC bersama timnas Qatar U-17 di Slovenia.

2. Julian Oerip

Baca Juga: CEK FAKTA: Cristiano Ronaldo Sependapat dengan Indonesia Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 2023, Benarkah?

Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia. (Instagram/@julianoerip)
Julian Oerip, pemain keturunan Indonesia. (Instagram/@julianoerip)

Julian Oerip merupakan pesepak bola keturunan Indonesia yang lahir di Belanda, tepatnya di Alkmaar, pada 26 Oktober 2006.

Pesepak bola yang posisi bermainnya sebagai gelandang serang ini memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari Surabaya. Sejak lahir hingga usianya kini telah 17 tahun, Oerip sendiri tumbuh di Belanda. 

Kiprahnya di sepak bola bermula di klub kota kelahirannya AFC ’34 Alkmaar. Kiprahnya bersama tim U-17 dan tim U-18 AZ Alkmaar pun terbilang mumpuni. Bersama tim U-17, Oerip mampu mencetak 8 gol dan 3 assist dalam 14 laga.

Baca Juga: 3 Pelatih yang Cocok Tangani Timnas U-17 jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Ada 'Musuh' Shin Tae-yong

Kiprah apiknya di level klub membuat Oerip dipercaya untuk masuk ke skuad Timnas Belanda kelompok umur, yakni U-16 dan U-17.

3. Irfan Karijowidjojo

Irfan Karijowidjojo. (dok. adodenhaagjeugd.nl)
Irfan Karijowidjojo. (dok. adodenhaagjeugd.nl)

Selanjutnya, pemain muda yang layak dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-17 ialah Irfan Karijowidjojo. Dia lahir pada 30 November 2005. Saat ini tercatat usianya baru 16 tahun.

Irfan memiliki darah Indonesia dari kedua kakek dan neneknya yang berasal dari Jawa. Namun, kakek dan neneknya pindah ke Suriname semasa zaman kolonial.

Tercatat sejak masih belia, Irfan membela ADO Den Haag dan menimba ilmu di klub yang kini bermain di kasta kedua sepak bola Belanda tersebut.

Perlahan dirinya mampu menembus kelompok umur di tim tersebut. Kini dirinya bermain untuk tim U-17 ADO Den Haag di usianya yang baru 16 tahun.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak