CEK FAKTA: FIFA Usulkan Israel dan Palestina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030, Benarkah?

Beredar kabar FIFA usulkan Israel dan Palestina menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 06 April 2023 | 21:00 WIB
Cek fakta Israel dan Palestina jadi tuan rumah bersama. (YouTube/Pecinta Bola Indonesia)

Cek fakta Israel dan Palestina jadi tuan rumah bersama. (YouTube/Pecinta Bola Indonesia)

Gol.bolatimes.com - Belakangan ini, kanal YouTube Pencinta Bola Indonesia mengunggah sebuah video yang berisi bahwa FIFA memiliki rencana untuk menunjuk Israel dan Palestina menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030?

Narasi dan informasi tersebut diunggah oleh kanal YouTube Pencinta Bola Indonesia melalui sebuah video yang berjudul “Terbongkar! Pantas Dukung Israel Ternyata FIFA & Federasi Israel Sudah Siapkan Hal Mengejutkan Ini?”

Video ini awalnya membahas standar ganda yang dilakukan FIFA terhadap beberapa negara yang melakukan aksi invasi. Dua contohnya yakni Israel dan Rusia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Disebut-sebut Bisa Jadi Raja di Grup A SEA Games 2023, Ini Alasannya

Setelah itu, ada pembahasan yang menyinggung soal rencana FIFA dan Federasi Sepak Bola Israel untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2030.

Bahkan, FIFA sempat mengutarakan ide bahwa Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 terlepas dari konflik berkepanjangan dengan Palestina. Akan tetapi, Israel tentu tidak sendirian, mereka bisa menggandeng sejumlah negara tetangga untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030,” bunyi narasi video tersebut.

PENJELASAN

Baca Juga: Persebaya Surabaya Dipecundangi Persija Jakarta, Aji Santoso Sebut Bajul Ijo Sudah Tampil Spartan

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sebetulnya sudah sempat mengusulkan Israel dan Palestina bersama negara tetangganya di Timur Tengah untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Hal itu disampaikan Gianni saat melakukan kunjungan resmi pertamanya di Israel. Ketika itu, Gianni juga menyampaikan kemungkinan bahwa Israel punya peluang jadi tuan rumah Piala Dunia.

Bahkan, saat berbicara pada pembukaan The Friedman Center for Peace through Strength, Infantino sempat melontarkan Israel dan negara tetangganya untuk ikut pencalonan tuan rumah. 
"Mengapa kita tak bisa memimpikan Piala Dunia di Israel dan tetangganya? Dengan kesepakatan Abraham, mengapa kita tidak melakukannya di Israel dan tetangganya di Timur Tengah, termasuk Palestina?" kata Infantino dikutip Athletic.

Baca Juga: Momen Arkhan Kaka Pecahkan Rekor sebagai Pemain Termuda yang Tampil di Liga 1

Tak hanya itu saja, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengamini rekomendasi FIFA agar Israel menjadi tuan rumah. Namun, Bennet tak menyebut secara rinci bahwa Palestina bagian dari rencana itu.

"Dalam diskusi tersebut, Ketua FIFA mengemukakan gagasan Israel sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama dengan negara-negara tetangga, terutama dengan Uni Emirat Arab," kata juru bicara Bennett di Twitter.

KESIMPULAN

Baca Juga: Pantang Jemawa Masuk Grup Ringan, Timnas Indonesia U-22 Diminta Fokus Lolos Fase Grup SEA Games 2023

Dengan demikian, informasi dan narasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Pencinta Bola Indonesia itu memang sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Sebab, informasinya bisa ditelusuri kebenarannya.

Sebab, ada beberapa media massa yang sebetulnya sudah menulis soal informasi tersebut. Hanya saja, Pencinta Bola Indonesia mengolahnya kembali dalam bentuk video dan diunggah di kanal YouTubenya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak