Profil Vincent Kompany, Legenda Manchester City yang Bawa Burnley Promosi ke Premier League

Perasan belum lama pensiun, Vincent Kompany sudah jadi pelatih top aja nih

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 08 April 2023 | 18:30 WIB
Pelatih Burnley, Vincent Kompany, usai membawa klubnya promosi ke Premier League. (Instagram/@burnleyofficial)

Pelatih Burnley, Vincent Kompany, usai membawa klubnya promosi ke Premier League. (Instagram/@burnleyofficial)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Vincent Kompany, pelatih yang berhasil menorehkan catatan manis dengan membawa Burnley promosi ke Liga Inggris 2023/2024.

Hingga memasuki pekan ke-30, Liga Inggris belum menemukan siapa tiga tim yang akan terdegradasi pada musim ini, mengingat adanya 9 tim yang berpotensi terjun ke kasta kedua.

Akan tetapi, Liga Inggris musim depan dipastikan akan kehadiran kontestan baru pada diri Burnley, yang telah memastikan gelar juara Championship atau kasta kedua Liga Inggris.

Baca Juga: Nganggur di Timnas Indonesia sampai Juni, Inilah 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan oleh Shin Tae-yong

Burnley berhasil promosi ke Liga Inggris musim depan setelah berhasil mengalahkan Middlesbrough, Sabu (8/4) dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan itu membuat tim berjuluk The Clarets ini pun makin kokoh di puncak klasemen dengan 87 poin dari 39 laga dan berhak kembali ke Liga Inggris, setelah musim lalu degradasi ke Championship.

Keberhasilan ini pun menjadi rekor tersendiri bagi Burnley. Pasalnya, mereka menjadi tim tercepat yang memastikan promosi, yakni hanya butuh 39 laga.

Baca Juga: CEK FAKTA: Elkan Baggott TIba di Indonesia untuk Gabung Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023, Benarkah?

Rekor apik ini tak lepas dari keberadaan sang pelatih, yakni Vincent Kompany. Ia mencetak rekor itu di musim debutnya sebagai pelatih di Inggris.

Lantas, siapakah sosok Vincent Kompany itu? Berikut profilnya.

Legenda Manchester City

Baca Juga: Menu Latihan Bocor, Indra Sjafri akan Terapkan 'Tiki-Taka' dalam Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023?

Vincent Kompany merupakan pelatih sekaligus mantan pemain asal Belgia yang lahir di Uccle pada 10 April 1986 atau 36 tahun silam.

Kiprahnya di sepak bola dimulai sebagai mantan pemain, di mana Kompany mengawali karier bersama tim papan atas Belgia, Anderlecht di usia 17 tahun.

Di awal kariernya itu, Kompany mampu memenangkan berbagai penghargaan, yang membuat bakatnya kian terdengar di seluruh penjuru Eropa dan dirinya menjadi rebutan banyak klub.

Baca Juga: Harapan Erick Thohir usai Indonesia Lepas dari Sanksi Berat FIFA: Kibarkan Bendera Merah Putih di Mancanegara

Namun pada 2006, Kompany memilih berlabuh ke Jerman dengan bergabung Hamburg dengan harga cukup fantastis bagi pemain berusia 20 tahun kala itu, yakni 10 juta euro.

Di Hamburg pun Kompany meneruskan perkembangannya sebagai bek tengah. Tapi dua tahun berselang bakatnya membuat tim kaya baru, Manchester City, meminangnya.

Di klub ini lah Kompany bertahan lama. tercatat, ia bertahan selama 11 tahun di Manchester City dari 2008 hingga 2019 lalu.

Selama 11 tahun membela Manchester City, Kompany mampu membawa timnya meraih beragam gelar domestik di Inggris.

Lalu saat usianya menginjak 33 tahun, Kompany memutuskan kembali ke Belgia dengan menerima tawaran Anderlecht sebagai pemain dan pelatih.

Namun di awal kariernya sebagai pemain dan pelatih, Anderlecht justru tampil buruk. Karenanya, Kompany memutuskan fokus sebagai pemain hingga gantung sepatu pada Agustus 2020.

Setelah gantung sepatu, barulah Kompany mengambil jabatan sebagai pelatih Anderlecht, di mana ia bertindak sebagai pelatih selama dua tahun dari 2020 hingga 2022.

Sayangnya, selama melatih Anderlecht itu Kompany gagal mendapatkan gelar juara dan hanya finis di peringkat ketiga klasemen.

Meski tak memulai karier kepelatihannya dengan baik, bakat Kompany dalam melatih membuat Burnley yang kehilangan Sean Dyche meliriknya dan merekrutnya untuk memimpin di kasta kedua.

Hasilnya pun terbilang manis. Sejak bergabung pada Juli 2022 kemarin, Kompany telah memimpin Burnley sebanyak 47 laga di berbagai ajang dengan catatan 30 kemenangan, 13 hasil imbang, dan hanya 4 kekalahan saja.

Berkat tangan dinginnya, kini Burnley pun tak butuh waktu lama untuk kembali ke habitatnya, yakni Liga Inggris pada musim 2023/2024 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak