Profil Timnas Wanita Filipina, Peserta Piala Dunia Wanita 2023 yang Dikalahkan Mynamar di SEA Games 2023

Timnas Wanita Filipina yang berstatus peserta Piala Dunia Wanita 2023 kalah dari Myanmar

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 07 Mei 2023 | 10:00 WIB
Timnas Putri Myanmar bungkam Timnas Putri Filipina yang merupakan kontestan Piala Dunia Wanita dengan skor 1-0 di SEA Games 2023. [Twitter/@AFFpresse]

Timnas Putri Myanmar bungkam Timnas Putri Filipina yang merupakan kontestan Piala Dunia Wanita dengan skor 1-0 di SEA Games 2023. [Twitter/@AFFpresse]

Gol.bolatimes.com - Timnas Wanita Filipina dibikin terkejut oleh Myanmar pada laga perdana Grup A sepak bola putri SEA Games 2023.

Bukan tanpa sebab, Filipina yang jauh diunggalkan dan berstatus peserta Piala Dunia Wanita 2023, tumbang dengan skor 0-1 pada Rabu (3/5/2023) kemarin.

Kemenangan ini jelas mengangkat moral para pemain Myanmar karena Filipina digadang-gadang sebagai calon kuat peraih medali emas sepak bola putri SEA Games 2023.

Baca Juga: SEA Games 2023: Tak Gentar Diteror Suporter, Timnas Voli Indonesia Bungkam Kamboja dengan Skor Telak

Bukan tanpa sebab, Filipina datang ke ajang ini dengan status sebagai berikut: juara Piala AFF Wanita 2022, semifinalis Piala Asia Wanita 2022, dan peserta Piala Dunia Wanita 2023.

Lantas seperti apa sepak terjang dari Timnas Wanita Filipina? Berikut ulasan profilnya!

Profil Timnas Wanita Filipina  

Baca Juga: SEA Games 2023: Pelatih Timnas Voli Pastikan Turunkan Pemain Terbaik Lawan Vietnam di Semifinal

Tim nasional wanita Filipina sendiri resmi beroperasi di bawah naungan federasi sepak bola Filipina pada 1980-an. Kompetisi resmi pertama yang diikuti mereka adalah Piala Asia Wanita 1981.

Filipina sendiri terbilang cukup rutin lolos ke Piala Asia Wanita. Bahkan, kiprah mereka dalam beberapa tahun terakhir sedang naik daun.

Timnas Wanita Filipina baru saja menjadi juara Piala AFF 2022 dan menembus semifinal Piala Asia Wanita 2022 sehingga berhak lolos ke Piala Dunia Wanita 2023 bersama China, Korea Selatan, dan Jepang.

Baca Juga: Klasemen Medali SEA Games 2023: Raih 8 Emas, Indonesia di Posisi Kedua, Bersaing Ketat dengan Thailand

Selain catatan itu, prestasi yang pernah didapat oleh timnas Filipina putri adalah Peringkat 6 Piala Asia Wanita, Peringkat 4 Piala AFF Wanita, 1x Medali, dan Medali Peringgu SEA Games 1985.

Pelatih

Saat ini, Timnas Wanita Filipina dilatih oleh Alen Stajcic. Pria keturunan Serbia itu ditunjuk sebagai pelatih timnas Putri Filipina pada Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Sudah 42 Tahun, Madura United Ungkap Alasan Perpanjang Kontrak Eks Striker Naturalisasi Timnas Idonesia

Soal melatih tim putri, Stajcic tak bisa dianggap remeh. Sebab, ia juga merupakan mantan pelatih timnas putri Australia selama kurang lebih lima tahun.

Selama itu, Stajcic mampu mengantarkan Australia mencapai final Piala Asia 2x (2014,2018), perempat final Piala Dunia 1x (2015), Perempat final Olimpiade 1x (2016).

Di bawah arahan Stajcic, prestasi langsung didapatkan oleh Filipina. Termasuk menempati rangking terbaik FIFA sepanjang sejarah mereka di posisi ke-49.

Pemain

Timnas Wanita Filipina banyak dihuni pemain keturunan. McDaniel menjadi contoh paling pas. Ayahnya adalah seorang Warga Negara Amerika Serikat (AS) sedangkan ibunya asli Filipina. Saat ini, dia merumput untuk Milwaukee Panthers.

Selain Chandler ada juga sosok gelandang keturunan Prancis- Filipina, Katrina Gulliou. Dia saat ini merumput bersama peserta Liga Swedia Wanita Pitea FA.

Bahkan pada Piala Asia Wanita 2022 silam, 17 dari 23 pemain Timnas Wanita yang dibawa ke India merumput di luar negeri dan sebagian besar dari mereka adalah pemain keturunan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak