Profil Reung Bunheing, Striker Kamboja yang Cetak Brace ke Gawang Filipina di Piala AFF 2022

Reung Bunheing jadi mimpi buruk Filipina.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 21 Desember 2022 | 17:30 WIB
Selebrasi pemain Kamboja Reung Bunheing usai jebol gawang Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/@bun_heing)

Selebrasi pemain Kamboja Reung Bunheing usai jebol gawang Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/@bun_heing)

Gol.bolatimes.com - Penyerang Timnas Kamboja, Reung Bunheing, menjadi salah satu pemain yang sukses tampil bersinar pada laga pertama Grup A Piala AFF 2022 seusai mencetak dua gol alias brace ke gawang Filipina.

Dua gol Reung Bunheing itu tercipta ketika Kamboja menjamu Filipina pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Morodok Techno, Selasa (20/12/2022) malam hari WIB.

Dengan dua gol yang dicetak oleh Reung Bunheing tersebut, Kamboja berhasil mengamankan tiga poin pertamanya karena menang 3-2 atas Filipina.

Sementara itu, satu gol Pasukan Angkor lainnya dicetak oleh Om Chanpolin (20’), sedangkan seluruh gol Timnas Filipina dicatatkan oleh Kenshiro Daniels (41’ dan 55’).

Dengan dua golnya tersebut, Reung Bunheing kini turut merajai daftar pencetak gol terbanyak sementara di Piala AFF 2022.

Setidaknya, ada dua pemain lain yang menjaringkan jumlah gol serupa, yakni Kenshiro Daniels (Filipina) dan Peeradon Chamsratsamee (Thailand).

Profil Reung Bunheing

Reung Bunheing merupakan salah satu penyerang senior yang dibawa oleh pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose, untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Pemain yang berasal dari Phnom Penh ini tercatat lahir pada 25 September 1992. Klub pertamanya di dunia profesional ialah Build Bright United.

Klub sepak bola yang awalnya berbasis di Phnom Penh ini sebetulnya berkompetisi di Cambodian League, kompetisi kasta tertinggi di Kamboja.

Namun, karena terlilit masalah keuangan, Build Bright United FC akhirnya memutuskan untuk membubarkan diri pada 2016.

Setelah itu, klub selanjutnya yang menjadi pelabuhan baru Reung Bunheing ialah National Defense Ministry klub sepak bola yang kini bernama Tiffy Army.

Bersama klub tersebut, Reung Bunheing mengabdi mulai dari 2005 hingga 2019. Setahun berselang sejak saat itu, ia memutuskan untuk hijrah ke Visakha FC.

Sebagai informasi, Reung Bunheing merupakan salah satu penyerang yang sudah menjadi andalan Timnas Kamboja di level internasional.

Sejak mencatat debut pertama pada 10 September 2018, striker berusia 30 tahun ini sudah berhasil menjaringkan empat gol dari 12 penampilannya.

Selain dua golnya ke gawang Filipina pada laga pertama Grup A Piala AFF 2022, dia sebelumnya juga sudah menjaringkan dua gol lainnya di laga internasional.

Gol pertamanya tercipta ke gawang Timor Leste saat beruji coba di Stadion Olimpiade Nasional, Phnom Penh, pada 12 Oktober 2018.

Adapun satu gol lainnya tercipta ketika Kamboja menantang Pakistan pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pada duel yang berlangsung di Stadion Hamad bin Khalifa 11 Juni 2019 itu, Kamboja sukses menang dengan skor 2-1.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak