5 Pemain Termuda di Piala AFF 2022, Ada yang Lebih Muda dari Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan adalah yang termuda di Timnas Indonesia. Namun, di Piala AFF 2022, ada yang lebih muda dari dirinya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 22 Desember 2022 | 15:42 WIB
Marselino Ferdinan cetak dua gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Marselino Ferdinan cetak dua gol saat Timnas Indonesia U-19 kalahkan Hong Kong 5-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Berikut lima pemain termuda yang dibawa oleh negara peserta Piala AFF 2022, di mana Laos dan Filipina masing-masing memiliki dua wakil dalam daftar ini.

Jagat sepak bola Asia Tenggara tengah disibukkan dengan gelaran bergengsi dua tahunan di akhir tahun ini yang bertajuk Piala AFF 2022.

Sebanyak 10 negara peserta yang bertanding pun telah menunjuk pemain-pemain andalannya untuk berlaga di turnamen ini.

Demi meraih gelar juara, banyak negara peserta ajang ini yang mengandalkan para pemain dengan pengalaman mumpuni di level teratas.

Para pemain pengalaman ini dibawa untuk mengatasi tekanan yang datang di tengah-tengah pertandingan. Selain itu, pemain berpengalaman juga membuat kesempatan menjadi juara terbuka lebar.

Namun di Piala AFF 2022 ini, gebrakan dibuat oleh banyak negara peserta, di mana para kontestan justru banyak pemain-pemain muda ke dalam skuadnya.

Tak tanggung-tanggung, para pemain muda yang dibawa ini merupakan para pemain yang masih berusia belasan tahun saja atau berstatus remaja.

Lantas, siapa saja pemain termuda yang berkeliaran di Piala AFF 2022 ini? Berikut daftarnya.

1. Vongsakda Chanthaleuxay (Laos)

Laos menjadi negara peserta Piala AFF 2022 dengan rataan pemain termuda, yakni 22,1 tahun. Rataan ini didapat karena tim berjuluk Thim Xhad ini membawa pemain-pemain muda, salah satunya adalah Vongsakda Chanthaleuxay.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini menjadi pemain termuda di Piala AFF 2022 ini, mengingat usianya baru 17 tahun 11 bulan. Ia baru akan berulang tahun yang ke-18 pada 28 Desember 2022 nanti.

2. Harry Nunez (Filipina)

Di tengah gempuran pemain naturalisasinya, Filipina masih memberi ruang bagi para pemain muda di Piala AFF 2022 ini. Salah satunya adalah Harry Nunez.

Harry Nunez merupakan gelandang muda di kubu Filipina. Usianya sendiri baru menginjak 18 tahun pada 16 Desember lalu.

3. Marselino Ferdinan (Indonesia)

Pemain termuda ketiga di Piala AFF 2022 jatuh pada sosok wonderkid Timnas Indonesia, yakni Marselino Ferdinan yang baru berusia 18 tahun 3 bulan.

Dibandingkan para pemain muda di daftar ini, wonderkid Persebaya Surabaya ini bisa dikatakan lebih berpengalaman karena berkali-kali tampil bagi Timnas Indonesia senior.

4. Chanthavicay Khounthoumphone (Laos)

Tak hanya Vongsakda Chanthaleuxay saja, Laos juga membawa pemain muda berusia 18 tahun 10 bulan ke Piala AFF 2022 pada diri Chanthavixay Khounthoumphone.

Chanthavicay Khounthoumphone sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Diketahui, ia merupakan penggawa dari tim bernama Ezra FC dan telah mengemas dua caps di tim nasional.

5. Kamil Amirul (Filipina)

Pelatih anyar Filipina, Josep Ferre Ybarz, terlihat begitu mempercayai pemain muda di Piala AFF 2022 ini. Selain Harry Nunez, ia juga membawa bek muda bernama Kamil Amirul.

Kamil Amirul sendiri baru berusia 18 tahun 10 bulan. Sama seperti Harry Nunez, ia belum mendapat kesempatan tampil di Piala AFF 2022 ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak