Julukan 10 Negara Peserta Piala AFF 2022, Lengkap dengan Maknanya

Mari mengenal julukan-julukan 10 negara peserta Piala AFF 2022

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 23 Desember 2022 | 08:45 WIB
Timnas Indonesia melakukan sesi latihan jelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Timnas Indonesia melakukan sesi latihan jelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Gol.bolatimes.com - Piala AFF 2022 telah resmi bergulir, berikut julukan dari 10 tim peserta dan makna yang terkandung di dalam julukan yang tersemat pada mereka.

Sama seperti negara-negara lain, misalnya, Italia yang punya julukan Gli Azzurri. Julukan ini punya makna "Biru", yang berkaitan erat dengan era kerajaan Italia--yang saat itu warna biru menjadi warna resmi klan keluarga kerajaan.

Begitu juga dengan negara-negara di Asia Tenggara yang punya julukan masing-masing. Tentunya ada pula makna yang terkandung di balik hadirnya julukan tersebut. Apa saja julukan para peserta Piala AFF 2022? Berikut ulasannya!

1. Filipina

Julukan The Azkals menjadi milik Filipina yang punya arti anjing jalanan. Julukan ini ternyata berasal dari nama salah satu kelompok suporter yang ada di jalan Calle Azul.

Oleh karena itu para ultras Filipina kerap menggunakan lambang anjing sebagai maskot ketika mendukung timnya bertanding.

2. Kamboja

Kamboja punya julukan Angkor Warriors atau Pasukan Angkor. Julukan ini diambil dari lambang negara mereka yang punya lambang berupa Angkor Wat.

Angkor Wat merupakan bangunan kuil wairsan budaya sekaligus kebangaan masyarakat Kamboja. Penambahan kata warriors menunjukkan semangat mereka.

3. Brunei Darussalam

Tim yang kembali mentas di Piala AFF setelah absen lebih dari dua dekade ini punya julukan Tebuan atau Lebah. Julukan ini merujuk pada warna bendera Brunei yaitu kuning, hitam, merah, dan putih yang identik dengan warna lebah.

4. Thailand

Tim tersukses di Piala AFF ini punya julukan Gajah Perang atau The War Elephant. Gajah sendiri merupakan hewan suci di Thailand.

5. Myanmar

Myanmar punya julukan The Asian Lions karena singa dianggap sebagai simbol suci di negara mereka. Hewan tersebut dianggap sebagai simbol kekuatan terbesar.

6. Laos

Sekilas julukan Laos yaitu Thimsad, tidak punya arti atau makna yang spesial. Namun, penggunaan gajah sebagai maskot di timnas mereka menjadikannya ikonik. Pasalnya, gajah merupakan hewan suci di Laos.

7. Vietnam

Vietnam punya julukan The Golden Stars Warriors yang merujuk pada warna bintang emas di bendera mereka.  Penggunaan kata warriors sendiri untuk menegaskan bahwa mereka siap membela timnasnya.

8. Singapura

Punya julukan The Lions, Singapura memang identik dengan hewan yang dianggap sebagai raja hutan ini. Nama negara ini juga berasal dari dua kata yakni Singa dan Pura. Bahkan, karena erat dengan singa, Federasi Sepakbola Singapura pun menggunakan hewan itu sebagai logo.

9. Malaysia

Dikenal dengan julukan Harimau Malaya, Malaysia menjadi rival abadi Indonesia. Julukan ini sendiri diambil dari salah satu hewan endemik yang terancam punah di Malaysia.

Selain diadopsi sebagai julukan, hewan ini juga digunakan sebagai maskot oleh timnas Malaysia.

10. Indonesia

Terakhir ada Timnas Indonesia yang punya julukan Garuda. Julukan ini diambil dari lambang negara Indonesia, burung garuda.

Garuda diibaratkan sebagai simbol dari kekuatan dan kegagahan. Selain Garuda, Timnas Indonesia juga kerap dijuluki Tim Merah Putih yang merujuk pada warna negara Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak