3 Faktor yang Bisa Bikin Timnas Indonesia Sulit Kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022

Laga perdana terkadang berjalan sulit. Timnas Indonesia tidak boleh lengah

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 23 Desember 2022 | 09:46 WIB
Yeu Muslim saat membela Timnas Kamboja menghadapi Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/@muslim_yeu)

Yeu Muslim saat membela Timnas Kamboja menghadapi Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/@muslim_yeu)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia harus tetap berhati-hati sekali pun di atas kertas mereka lebih diunggulkan ketimbang Kamboja pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022.

Bentrok antara Timnas Indonesia melawan Kamboja ini bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022), 16.30 WIB.

Pertandingan pertama ini memang cukup penting bagi Indonesia untuk meraih poin penuh pada penampilan pertamanya di Grup A Piala AFF 2022.

Persiapan skuad Garuda juga telah digelar semaksimal mungkin meskipun tak mendapat kesempatan untuk menggelar laga uji coba.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong harus mengingatkan anak asuhnya untuk waspada. Sebab, bukan tidak mungkin mereka akan kerepotan menumbangkan Kamboja pada laga ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang bisa membuat Timnas Indonesia kesulitan untuk mengalahkan Kamboja di laga Grup A Piala AFF 2022.

1. Faktor Laga Pertama

Salah satu alasan yang bisa menyulitkan para pemain Timnas Indonesia untuk menumbangkan Kamboja ialah karena faktor laga pertama.

Berbeda dengan Kamboja yang sebelumnya sudah melawan Filipina, skuad Garuda baru akan menjalani penampilan pertamanya di Piala AFF 2022 pada laga ini.

Faktor inilah yang bakal menyulitkan skuad Garuda. Setidaknya itulah yang turut disadari oleh Shin Tae-yong sebelum pertandingan.

“Untuk laga pertama, bisa jadi laga menjadi sulit bagi kami karena setelah Tragedi Kanjuruhan, tidak ada pertandingan. Jadi, performa pasti menurun, apalagi tak ada uji coba,” kata Shin Tae-yong.

2. Kamboja Punya Modal Berharga

Hasil positif yang dicatatkan oleh Timnas Kamboja pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022 tentu saja menjadi suntikan kepercayaan diri bagi skuad Pasukan Angkor.

Sebab, Kamboja yang berstatus sebagai tim kuda hitam pada laga kali ini bakal bermain lebih lepas karena sudah bisa mengamankan tiga poin pertama.

Kepercayaan diri dan motivasi anak asuh Ryu Hirose diprediksi juga bakal semakin berapi-api karena mereka tertantang untuk bisa menumbangkan Timnas Indonesia di hadapan pendukungnya sendiri.

3. Punya Striker Tajam

Salah satu keunggulan Kamboja pada ajang kali ini ialah hadirnya sosok penyerang tajam di lini serang. Dia adalah Reung Bunheing, striker berusia 30 tahun.

Kapasitasnya dalam menjebol gawang lawan sudah terbukti pada laga pertama. Reung Bunheing mampu mencetak dua gol ke gawang Filipina.

Dari dua gol itu, terlihat kemampuan sentuhan pertamanya dan keunggulannya dalam menghadapi duel udara.

Jika tak mendapatkan antisipasi khusus, bukan tidak mungkin ia bakal menjadi pemain yang berbahaya di area pertahanan skuad Garuda.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak