5 Penampilan Timnas Indonesia yang Paling Banyak Cetak Gol di Piala AFF

Berikut catatan apik Timnas Indonesia yang paling banyak cetak gol di Piala AFF.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 23 Desember 2022 | 20:15 WIB
Striker Indonesia, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja dalam Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Twitter/@pssi)

Striker Indonesia, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja dalam Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Twitter/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Mengulik catatan paling produktif Timnas Indonesia di Piala AFF. Di edisi kapan saja skuad Garuda bisa mencetak banyak gol pada ajang ini?

Timnas Indonesia akan kembali beraksi di ajang dua tahunan sepak bola terbesar di Asia Tenggara bertajuk Piala AFF 2022.

Pada ajang ini, tim arahan Shin Tae-yong telah mempersiapkan diri secara matang demi bisa menggondol gelar juara untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Profil Mark Hartmann, Pemain Filipina yang Ingin Kalahkan Timnas Indonesia

Dalam 13 partisipasi sebelumnya, Timnas Indonesia selalu gagal meraih trofi bergengsi di kawasan ASEAN tersebut, dan lebih banyak menjadi Runner Up.

Meski kerap gagal menjadi juara dan hanya menjadi Runner Up, Timnas Indonesia punya catatan apik, yakni tim tersubur sepanjang sejarah Piala AFF.

Dalam 13 edisi yang telah diikuti, tim Merah Putih mampu mencetak 177 gol, unggul tiga gol dari Thailand yang berstatus ‘Raja Asia Tenggara’.

Baca Juga: Jegal Kamboja 2-1, Timnas Indonesia Catat Kemenangan 9 Kali di Laga Perdana Piala AFF

Dari 177 gol yang telah dicetak Timnas Indonesia itu, di edisi Piala AFF mana saja skuad Garuda berhasil mencetak gol paling banyak? Berikut daftarnya.

1. Piala AFF 2004

Di Piala AFF 2004, Timnas Indonesia membuktikan kemampuannya melahirkan para penyerang top, dengan torehan 24 gol sepanjang turnamen.

Baca Juga: Hasil Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Menang Tipis, Filipina Bantai Brunei Darussalam

Bahkan empat penyerang Timnas Indonesia kala itu masuk daftar top skor, yakni Ilham Jaya Kesuma (7 gol), Kurniawan Dwi Yulianto (5 gol), dan Boaz Solossa serta Elie Aiboy (4 gol).

2. Piala AFF 2002

Era 90 an menjadi salah satu era terbaik Timnas Indonesia. Hal ini terbukti di Piala AFF 1996 kendati skuad Garuda gagal menjadi juara.

Baca Juga: Profil Thierry Bin, Gelandang Kamboja Jebolan Timnas Prancis yang Bikin Timnas Indonesia Kelabakan

Di Piala AFF 2002, Timnas Indonesia mampu melesakkan 23 gol sepanjang turnamen. Separuh lebih golnya itu datang dalam satu pertandingan yakni kala mengalahkan Filipina 13-1.

3. Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 menjadi edisi yang menunjukkan betapa produktifnya Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, skuad Garuda mampu mencetak total 20 gol.

20 gol ini pun didapat dari kemenangan-kemenangan besar atas lawan-lawannya, seperti 4-2 atas Kamboja, 4-1 atas Malaysia, dan 5-3 atas Singapura.

4. Piala AFF 1996

Di Piala AFF 1996, Timnas Indonesia juga masih dipenuhi oleh para penyerang tajam seperti Kurniawan Dwi Yulianto dan Peri Sandria.

Bahkan dua penyerang itu mampu mencetak masing-masing empat gol, sehingga membuat Timnas Indonesia mencetak 18 gol sepanjang turnamen.

5. Piala AFF 2010

Di edisi Piala AFF 2010, Timnas Indonesia hampir menggenggam gelar juara andai mampu menahan laju Malaysia di final yang menang dengan agregat 4-2.

Apalagi saat itu, Timnas Indonesia menjadi tim terproduktif sepanjang turnamen dengan 17 gol, yang berangkat dari kemenangan besar atas lawan-lawannya, seperti 5-1 atas Malaysia dan 6-0 atas Laos.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak