Prediksi Ranking Timnas Indonesia usai Kalahkan Kamboja, Naik atau Stagnan?

Hitung-hitungan ranking FIFA Timnas Indonesia usai hajar Kamboja.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Sabtu, 24 Desember 2022 | 12:07 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Gol.bolatimes.com - Langkah pertama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 berakhir positif. Skuad Garuda berhasil mengalahkan Kamboja pada laga perdananya di Grup A, Jumat (23/12/2022) sore WIB.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Timnas Indonesia sukses menaklukkan tamunya itu dengan skor tipis 2-1.

Dua gol Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-7 dan Witan Sulaeman di menit ke-15.

Sementara satu-satunya gol balasan Kamboja dicetak oleh Sareth Krya di menit ke-15. Bagi Kamboja, ini menjadi kekalahan pertama mereka setelah di laga sebelumnya menumbangkan Filipina.

Bagu Timnas Indonesia, kemenangan ini menjadi langkah awal yang positif. Untuk sementara skuad besutan Shin Tae-yong ada di peringkat pertama.

Meski secara permainan Timnas Indonesia belum terlalu meyakinkan, tapi kemenangan atas Kamboja ini setidaknya berdampak positif buat peringkat FIFA.

Dengan berhasil mengalahkan Kamboja, Timnas Indonesia berpotensi mendapatkan tambahan 2,1 poin. Tambahan poin tersebut memang tak akan mempengaruhi peringkat Timnas Indonesia saat ini.

Akan tetapi, tambahan poin tersebut setidaknya bakal menguatkan posisi Indonesia di ranking ke-151 FIFA dengan 1,036.00 poin.

Jika hasil positif terus bisa didapatkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menyusul Liberia di peringkat ke-150 yang terpaut 13 angka.

Meski tidak mengalami perubahan dari ranking terbaru yang dirilis FIFA pada 22 Desember 2022, posisi Indonesia saat ini justru sudah lebih baik dari peringkat terakhir yang dirilis FIFA pada Oktober lalu.

Saat itu, Indonesia berada di peringkat ke-152 dunia. Akan tetapi, pada medio November 2022, Timnas Indonesia tiba-tiba naik satu posisi dari tangga 152 ke 151 dunia meski tidak melakoni pertandingan.

Penyebabnya dari naiknya peringkat Indonesia ini karena Andorra yang menempati peringkat 151 dunia, mengalami dua kekalahan di FIFA Matchday November 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak