Ilija Spasojevic Cetak Gol saat Hajar Brunei, Shin Tae-yong Tebar Pujian

Spasojevic cetak satu gol saat Timnas Indonesia hajar Brunei 7-0.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 27 Desember 2022 | 07:30 WIB
Selebrasi Ilija Spasojevic usai cetak gol saat Timnas Indonesia hajar Brunei 7-0 di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Selebrasi Ilija Spasojevic usai cetak gol saat Timnas Indonesia hajar Brunei 7-0 di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Ilija Spasojevic akhirnya pecah telor dengan mencetak gol saat Timnas Indonesia menang telak 7-0 lawa Brunei Darussalam pada laga Grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12). Shin Tae-yong pun langsung memberikan pujian dengan performa pemain Bali United tersebut.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 merupakan buah dari pembuktian pemain atas kepercayaan yang diiberikan pelatih Shin Tae-yong.

Saat melawan Brunei, pelatih asal Korea Selatan itu hanya menyisakan tiga pemain inti yang turunkan saat melawan Kamboja yakni Egy Maulana Vikri, Nadeo Argawinata dan Asnawi Mangkualam. Praktis hampir semua pemain inti pertama lawan Brunei adalah muka baru.

Baca Juga: Hasil Boxing Day Liga Inggris: Newcastle United Naik ke Peringkat Dua usai Hajar Leicester City 3-0

Dari tujuh gol yang tercipta, lima di antaranya dicetak oleh pemain yang baru pertama jadi pemain inti yakni Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta dan Yakob Sayuri. Untuk dua gol lainnya dicetak dua starter saat lawan Kamboja yakni Egy Maulana Vikri dan Marc Klok.

Khusus untuk Ilija Spasojevic, gol yang diciptakan jelas membuktikan jika pemain Bali United itu tidak salah saat dipanggil masuk timnas. Namun, saat laga melawan Brunei, pemain yang akrab dipanggil Spaso itu sempat dipanggil khusus oleh Shin Tae-yong.

"Saya perintahkan kepada Spaso untuk banyak bergerak dan fokus mencetak gol dan Spaso menjalankan perintah saya dengan baik. Saya percaya ke depan dia akan lebih baik dari hari ini," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Baca Juga: Komentar Julid Netizen, Sebut Hansamu Yama Cosplay Jadi Ronaldo di Laga Lawan Brunei

Meski tim asuhannya banyak gol, Shin Tae-yong terlihat dingin tanpa melakukan selebrasi seperti saat melawan tim-tim selama ini menjadi rival seperti Vietnam maupun Thailand.

"Pastinya saya pun senang dan bahagia jika pemain mencetak gol, apalagi bisa saja dengan perilaku saya yang berlebihan ditunjukkan ke pemain. Saya berusaha lebih fokus supaya pemain juga bisa lebih fokus untuk memperkuat mental. Sejujurnya, di dalam hati, saya sangat bahagia," katanya menambahkan.

Meski banyak pemain yang mencetak gol, namun ada pemain yang belum bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya seperti Muhammad Rafli dan Saddil Ramdani. Khusus untuk Rafli jelas menjadi sorotan karena dengan status sebagai striker namun ia belum bisa mencetak gol.

Baca Juga: Hasil Piala AFF 2022: Teerasil Dangda Cetak Brace, Thailand Bungkam Filipina 4-0

Lebih lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu menjelaskan jika semua pemain yang diturunkan telah berusaha dengan baik. Hanya saja kesempatan itu belum sepenuhnya dimaksimalkan karena baru menjalani dua pertandingan.

"Menurut saya, semua pemain layak mendapatkannya (menjadi pemain terbaik saat lawan Brunei)," pungkas Shin Tae-yong.

Usai mengalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia membukukan enam poin dari dua pertandingan. Pada laga Grup A Piala AFF berikutnya, Timnas Garuda bakal menghadapi tim kuat Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Usai 'Tendangan Ke Bulan' di Laga Lawan Brunei Darussalam, Hansamu Yama Dapat Julukan Unik dari Media Vietnam

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak