Indonesia vs Thailand, Shin Tae-yong Jadikan Patokan Skuad Asuhannya Layak atau Tidak ke Partai Final Piala AFF 2022

Indonesia menang di laga keduanya hadapi Brunei.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Selasa, 27 Desember 2022 | 10:54 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan, pertandingan melawan Timnas Thailand dalam laga ketiganya di Grup A Piala AFF 2022 menjadi penting. Ia menerangkan pertandingan tersebut menjadi patokan skuad Garuda layak lolos ke semifinal atau final nanti.

Untuk diketahui, usai melumat Brunei Darussalam dengan tujuh gol tanpa balas, Senin (26/12/2022), Egy Maulana Vikri dkk akan menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022), pukul 16.30 WIB.

Thailand dianggap sebagai tim teberat untuk Timnas Indonesia di Grup A, meski tak membawa kekuatan penuh di Piala AFF 2022. Nama seperti Chanathip Songkrasin, Suphanat Mueanta, dan Supachai Jaided tidak dibawa oleh pelatih Alexandre Polking.

Baca Juga: Shin Tae-yong Lakukan Rotasi saat Hajar Brunei, Ketum PSSI Sebut Tak Ada Pemain Lapis Kedua

Tak datang dengan kekuatan terbaiknya, Gajah Perang sukses menghabisi lawannya dalam dua laga terakhir. Filipina yang dijamu di kandangnya, tumbang dengan skor 4-0.

Shin Tae-yong akan menilai anak asuhnya saat Thailand bertarung di Jakarta besokk. Hal itu juga sebagai patokan apakah Timnas Indonesia layak sampai ke final.

"Pertandingan ketiga nanti sangat penting. Nanti setelah pertandingan terlihat peluang kita sampai ke babak semifinal dan final," terang Shin Tae-yong, dikutip dari Suara.com, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Tak Selebrasi Meski Timnas Indonesia Pesta Gol ke Gawang Brunei, Shin Tae-yong Ungkap Alasannya

Lebih lanjut, sebelum matchday ketiga Grup A sendiri, dua tim tersebut bersaing untuk memperebutkan posisi puncak klasemen. Hal itu juga sebagai tiket lolos ke semifinal.

Thailand, masih berada di posisi teratas klasemen sementara Grup A Piala AFF dengan mengoleksi enam poin. Tak jauh berbeda dengan skuad Garuda, mereka juga mengemas enam gol di dua laga terakhir dan bertengger di peringkat dua.

Maka dari itu, Shin Tae-yong menegaskan kepada pemainnya untuk bertanding secara maksimal. Bahkan harus memandang setiap pertandingan adalah final.

Baca Juga: Impresif saat Gantikan Peran Pratama Arhan, Torehan Assist Edo Febriansyah Bersaing dengan Kapten Thailand

"Saya selalu fokus pada pertandingan. Pemain juga harus punya sikap mental dan melihat setiap pertandingan adalah babak akhir untuk meraih gelar Juara Piala AFF.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak