Siapa Mario Rivera? Pelatih Brunei yang Tersinggung Lihat Shin Tae-yong Tertawa bareng Wasit Piala AFF 2022

Mario Rivera merasa tidak dihormati oleh Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 27 Desember 2022 | 16:30 WIB
Pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera. (Dok. FA Brunei)

Pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera. (Dok. FA Brunei)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera, sempat menyinggung juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ketika timnya dibantai pada laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022.

Mario Rivera merasa curiga dengan Shin Tae-yong ketika Brunei Darussalam menjamu Indonesia di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022).

Menurut Mario Rivera, kemenangan skuad Garuda pada pertandingan ini tak terlepas dari andil wasit yang bertugas. Wasit Kim Hee-gon dan hakim haris Kang Dong Ho dianggap mendukung Timnas Indonesia dan main mata dengan Shin Tae-yong.

Alasannya, mereka berkali-kali terkesan mendesak kiper Brunei untuk menendang bola lebih cepat di babak pertama. Selalu itu, mereka terlihat tertawa dengan STY, seolah sebagai teman dekat.

Apalagi, berdasarkan pantauan media Vietnam, Tuoitre, asisten wasit sempat tertawa bersama Shin Tae-yong ketika laga menginjak menit kelima.

"Karena mereka sama-sama orang Korea, mereka dapat berbicara satu sama lain, tetapi mereka tidak boleh saling menertawakan,” kata Mario Rivera dalam sesi konferensi pers setelah pertandingan.

“Mungkin kemudian mereka akan bertemu di restoran Korea dan ditraktir oleh pelatih Shin Tae Yong. Bagi saya, ini tidak bisa diterima," ia menambahkan.

Profil Mario Rivera

Mario Rivera merupakan pelatih yang tercatat lahir di Madrid, Spanyol, pada 13 Agustus 1997. Kariernya di dunia kepelatihan sudah berlangsung sejak tahun 2007.

Ketika itu, Mario Rivera awalnya mendapat kesempatan untuk mengasuh tim muda Leganes. Pekerjaannya itu berlangsung selama kurang lebih dua tahun.

Setelah itu, dia memilih untuk menjadi pelatih klub lokal lainnya, Betis San Isidro (2009-2010), sebelum akhirnya bekerja sebagai pencari bakat dan video analis untuk Celtic dan Atletico Madrid C.

Semenjak saat itu, ia sempat berganti-ganti klub, mulai dari Collada Villalba (2012-2013), Los Yebenes (2013-2014), dan menjadi video analis di SD Leioa (2016-2017).

Pekerjaannya di kawasan Asia Tenggara dimulai pada tahun 2017 ketika ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Brunei Darussalam (FABD) untuk mengasuh TImnas Brunei U-21.

Setelah setahun menjalani tugasnya, dia memilih bergeser ke Liga Super India untuk menjadi asisten pelatih sekaligus video analis yang membantu pelatih East Bengal, Alejandro Menendez, pada 2018.

Pada tahun 2020, Mario Rivera mendapat kepercayaan untuk mengisi kursi pelatih kepala setelah Alejandro Menendez mengundurkan diri dari jabatannya.

Pekerjaan yang sama juga pernah diberikan kepada Mario Rivera pada Januari 2022. Ketika itu, ia melanjutkan pekerjaan Manolo Diaz yang juga mengundurkan diri.

Baru pada September 2022, dia mendapatkan kesempatan menakhodai Timnas Brunei Darussalam. Dia pun sukses membawa The Wasps lolos ke putaran final Piala AFF 2022 untuk kali pertama sejak absen selama 26 tahun di ajang ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak