5 Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia Senior di Era Shin Tae-yong

Timnas Indonesia catatkan 5 kemenangan dengan skor terbesar sejak ditangani Shin Tae-yong.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 28 Desember 2022 | 15:00 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu Cs usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/pssi)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu Cs usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/pssi)

Gol.bolatimes.com - Melihat deretan kemenangan terbesar Timnas Indonesia senior dalam masa kepelatihan Shin Tae-yong yang telah berlangsung selama hampir tiga tahun ini.

Sejak didapuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong telah memimpin skuad Garuda selama hampir tiga tahun.

Dalam periode tersebut, pelatih berusia 52 tahun ini telah memimpin 25 laga di ajang-ajang resmi bersama tim Merah Putih senior.

Baca Juga: Reaksi Hansamu Yama Diledek Shin Tae-yong Buang Peluang Emas saat Lawan Brunei

Dari 25 laga di ajang-ajang resmi tersebut, eks pelatih Timnas Korea Selatan ini mampu membawa Timnas Indonesia meraih 15 kemenangan, lima kekalahan dan lima hasil imbang per 28 Desember 2022.

Siapa sangka di antara 15 kemenangan itu, beberapa kemenangan di antaranya didapatkan dengan skor-skor fantastis atas lawan-lawannya.

Tercatat ada lima pertandingan Timnas Indonesia yang berakhir dengan kemenangan besar atas lawan-lawannya di ajang resmi.

Baca Juga: Tak Marah, Shin Tae-yong Ledek Hansamu Yama yang Gagal Cetak Gol ke Gawang Brunei Darussalam

Berikut Bolatimes.com sajikan lima kemenangan besar Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong selama hampir tiga tahun ini.

1. Indonesia 7-0 Brunei Darussalam (Piala AFF 2022)

Kemenangan besar Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong tercipta di Piala AFF 2022 kala skuad Garuda bertemu Brunei Darussalam di laga kedua grup A.

Baca Juga: 6 Pemain Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong yang Sering Kalahkan Thailand di Kategori Kelompok Umur

Di laga yang berlangsung di Malaysia ini, Timnas Indonesia berhasil menggulung tuan rumah Brunei dengan skor masif, yakni 7-0.

Hebatnya, tujuh gol Timnas Indonesia di laga ini dibuat oleh tujuh pemain yang berbeda, baik pemain yang menjadi starter maupun yang masuk dari bangku cadangan.

2. Indonesia 7-0 Nepal (Kualifikasi Piala Asia 2023)

Baca Juga: Netizen Malaysia Hujat Wasit yang Beri Hadiah Penalti Kontroversial saat Laga Vietnam vs Malaysia

Sebelum menghajar Brunei Darussalam, Timnas Indonesia juga berhasil meraih kemenangan besar dengan skor 7-0 atas wakil Asia Selatan, Nepal.

Tak tanggung-tanggung, laga yang berkesudahan dengan skor besar untuk Timnas Indonesia di laga ini dibuat di ajang sekelas Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat itu, tujuh gol Timnas Indonesia diciptakan oleh dua gol Witan Sulaeman, dan satu gol dari Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, dan Saddil Ramdani.

3. Indonesia 5-1 Laos (Piala AFF 2020)

Sebelum menghajar Brunei di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong sempat menang besar atas Kamboja di Piala AFF 2020.

Hal tersebut terjadi di laga perdana Timnas Indonesia di grup B Piala AFF 2020, di mana skuad Garuda berhasil menang dengan skor 5-1.

Lima gol tim Merah Putih kala itu dicetak oleh Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas.

4. Indonesia 4-1 Malaysia (Piala AFF 2020)

Tak ada kemenangan yang lebih manis ketimbang mengalahkan rival abadi dengan skor besar. Hal ini berlaku bagi Timnas Indonesia saat mengalahkan rival abadinya, Malaysia, di Piala AFF 2020.

Hal tersebut terjadi di laga terakhir grup B, di mana Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1.

Empat gol Indonesia saat itu dicetak lewat dua gol Irfan Jaya dan satu gol Pratama Arhan serta Elkan Baggott. Kemenangan ini bahkan membuat Malaysia saat itu gagal lolos ke semifinal.

5. Indonesia 4-1 Timor Leste (Friendly Match Januari 2022)

Shin Tae-yong memulai langkahnya di tahun 2022 ini bersama Timnas Indonesia dengan melakoni laga persahabatan dalam FIFA Matchday kontra Timor Leste sebanyak dua kali.

Di pertemuan pertama pada 27 Januari 2022 itu, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1.

Empat gol Indonesia kala itu dicetak lewat dua gol pemainnya, Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan, serta dua gol bunuh diri Timor Leste.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak