Teerasil Dangda, Momok Mengerikan Timnas Indonesia di Piala AFF Sejak 2008

Sudah 14 tahun, nama Teerasil Dangda terus menjadi momok bagi Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 28 Desember 2022 | 15:28 WIB
Selebrasi pemain Timnas Thailand Teerasil Dangda usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/@changsuek)

Selebrasi pemain Timnas Thailand Teerasil Dangda usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/@changsuek)

Gol.bolatimes.com - Menghadapi Timnas Thailand pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan berjumpa Teerasil Dangda, sosok striker yang selalu menjadi momok mengerikan bagi skuad Garuda.

Tentu saja, Teerasil Dangda menjadi salah satu nama pemain yang harus diredam oleh Timnas Indonesia saat bersua Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia kontra Thailand ini bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Teerasil Dangda menjadi salah satu striker Timnas Thailand yang cukup sering membobol gawang Timnas Indonesia saat keduanya bersua di ajang Piala AFF. 

Momen pertama perjumpaan antara skuad Garuda dengan Teerasil Dangda terjadi pada Piala AFF 2008. Saat itu, duel berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Ketika laga baru menginjak menit keenam, dia sukses membobol gawang skuad Merah Putih. Indonesia pun dipaksa kalah 0-1 lewat satu-satunya gol tersebut.

Lalu, pada perjumpaan kedua, Teerasil Dangda pernah menggila. Sebab, dia sukses mencetak tiga gol ke gawang skuad Garuda pada Piala AFF 2016.

Momen itu terjadi pada fase penyisihan grup di Filipina. Lewat tiga golnya tersebut, Dangda sukses membawa Thailand menang 4-2 atas Indonesia.

Adapun gol terakhirnya ke gawang Timnas Indonesia juga masih terjadi pada edisi yang sama. Namun, kali ini kedua tim berjumpa pada laga final.

Ketika itu, Indonesia menjamu Thailand pada laga leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong.

Meskipun berhasil mencetak satu gol, saat itu Timnas Thailand harus mengakui keunggulan Indonesia karena ditekuk dengan skor tipis 1-2.

Untuk pertemuan yang keempat ini, Timnas Indonesia tentu sudah harus menyadari bahwa Teerasil Dangda adalah penyerang yang paling berbahaya di Asia Tenggara.

Sampai saat ini, striker asal BG Pathum United itu menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2022. 

Dia berhasil menyumbang tiga gol dan bersaing dengan Kenshiro Daniels (Filipina) serta Faisal Halim (Malaysia).

Selain tiga golnya tersebut, bomber berusia 34 tahun ini juga sukses mencatatkan dua assist untuk skuad Gajah Perang di turnamen ini. 

Catatan itulah yang membuktikan bahwa Teerasil tak hanya punya kemampuan mencetak gol saja, tetapi juga mampu memberikan servis matang untuk rekannya yang lain.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak