Profil Azam Azmi, Pemain Malaysia yang Balaskan Dendam Evan Dimas ke Bek Timnas Vietnam

Azam Azmi sempat mendaratkan kakinya sekaligus menyikut Doan Van Hau

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 28 Desember 2022 | 19:00 WIB
Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Malaysia, Azam Azmi, seolah-olah ikut membantu Evan Dimas Darmono untuk membalaskan dendamnya kepada pemain Timnas Vietnam, Doan Van Hau, yang dikenal kasar ketika bermain.

Pasalnya, Azam Azmi sempat mendaratkan kakinya sekaligus menyikut Doan Van Hau setelah keduanya tersungkur di luar area lapangan lantaran bertubrukan.

Momen ini tepatnya terjadi pada menit ke-62. Azam Azmi yang sebelumnya dihantam oleh Doan Van Hau pada menit ke-16 seolah-olah ingin membalaskan dendamnya.

Pasalnya, saat itu Azam Azmi ditabrak Doan Van Hau ketika hendak mengejar bola. Pemain Timnas Malaysia ini sampai terkapar kesakitan. Namun, wasit tak menganggap hal yang dilakukan Doan Van Hau sebagai pelanggaran.

Doan Van Hau memang dikenal sebagai sosok pemain yang keras di atas lapangan. Bahkan, Evan Dimas Darmono pernah menjadi korbannya.

Momen itu terjadi ketika Indonesia dan Vietnam bersua pada babak final SEA Games 2019. Pad laga puncak itu, Doan Van Hau menendang kaki Evan Dimas hingga cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Bahkan, saat penganugerahan medali, Evan Dimas sampai harus menggunakan kursi roda lantaran tak bisa berjalan dengan normal.

Profil Azam Azmi

Azam Azmi merupakan salah satu pesepak bola muda yang dibawa pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, untuk tampil di Piala AFF 2022.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini tercatat lahir di Pulau Pinang, Malaysia, pada 12 Februari 2001. Artinya, saat ini usianya baru menginjak 21 tahun.

Saat ini, dia berstatus sebagai pemain Terengganu FC. Sejak promosi pada awal tahun 2020, ia telah membantu timnya meraih runner-up Piala Malaysia 2022.

Sejak berusia muda, Azam Azmi memang sudah berlatih sepak bola secara intensif bersama akademi milik Terengganu FC.

Di sana, dia menimba ilmu hingga tahun 2019. Setelah berusia 18 tahun, Azam Azmi pun mendapat kesempatan untuk promosi ke Terengganu FC U-21.

Sejak usia muda, bakat pemain berpostur 174 cm ini memang cukup menonjol. Itulah sebabnya, dia sempat menjadi andalan Timnas Malaysia U-19.

Mencatat debut pada 7 Agustus 2019, Azam Azmi lalu berhasil membukukan total delapan penampilan bersama Malaysia U-19. Dari semua aksinya itu, ia turut menyumbang satu gol.

Dua tahun berselang, ia mendapat kepercayaan untuk menapaki level yang lebih tinggi, yakni ketika bermain bersama Timnas Malaysia U-23.

Debut pertamanya berlangsung pada 25 Oktober 2021. Sejak saat itu, dia sudah berhasil memainkan 12 pertandingan bersama Harimau Malaya Muda.

Sementara itu, debutnya bersama timnas senior baru tercipta pada 22 September 2022 lalu ketika Malaysia menghadapi Thailand pada ajang King’s Cup 2022.

Sejak saat itu, dia menjadi salah satu pemain yang dipercaya oleh Kim Pan-gon untuk mengisi sektor bek kanan Timnas Malaysia di laga-laga internasional.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak