Hadapi Timnas Indonesia di SUGBK, Thailand: Ini Adalah Neraka

Thailand ketar-ketir main di SUGBK.

Husna Rahmayunita | Arief Apriadi | BolaTimes.com
Kamis, 29 Desember 2022 | 15:23 WIB
Potret latihan pemain Timnas Indonesia di SUGBK jelang lawan Thailand di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Potret latihan pemain Timnas Indonesia di SUGBK jelang lawan Thailand di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Jelang duel di fase grup Piala AFF 2022, Thailand menyoroti venue pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karni (SUGBK), Senayan, Jakarta. 

Menurut Thailand SUGBK layaknya neraka bagi tim tamu. Hal itu disampaikan Federasi Sepak Bola Thailand Changsuek di Facebook jelang laga.

"Ini adalah neraka untuk tim tamu dengan kapasitas [penonton di laga nanti--Red] mencapai 50 ribu orang," tulis akun Changsuek di Facebook.

Thailand menganggap Indonesia merupakan lawan paling menakutkan di Grup A Piala AFF 2022. Tekanan pun bertambah mengingat skuad Garuda punya keuntungan dengan bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Lebih jauh, tim Gajah Perang menganggap Timnas Indonesia jadi tim yang berbahaya tak hanya soal komposisi pemain yang mumpuni di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Lebih dari itu, atmosfer kandang Timnas Indonesia yang mereka kenal dengan nama "Senayan" itu dianggap turut jadi senjata tim Merah Putih dalam upaya menaklukan lawan-lawannya.

Thailand pun mengenang momen bertandang ke SUGBK yakni pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada September 2019 dan ketika mereka menghadapi skuad Garuda di final SEA Games 1997.

Pada pertemuan 2019 lalu,Thailand mampu mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0 tetapi kandang tim Merah Putih cuma terisi 11.600 penonton.

Lalu, pada final SEA Games 1997, Thailand mengakui harus berjuang keras mengalahkan Indonesia dalam laga yang dihadiri langsung 110 ribu penonton di SUGBK.

"Saat itu banyak lemparan barang ke dalam stadion, suporter sepak bola turun ke lapangan, membakar barang di dalam stadion, menyebabkan pertandingan dihentikan berjam-jam, namun pada akhirnya Thailand memenangkan adu penalti," kenang akun Changsuek.

Terkini, Thailand akan menghadapi Indonesia di SUGBK di mana sebanyak 50 ribu orang diperkirakan bakal meneror mereka sepanjang 90 menit.

"Baru-baru ini, tiket Indonesia vs Thailand telah habis terjual pada 28 Desember, PSSI menjual sekitar 50 ribu tiket dalam laga Piala AFF 2022 ini," tulis akun Timnas Thailand.

"Alasan kapasitas stadion hanya 70 persen karena alasan keamanan menyusul kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober yang menewaskan 135 jiwa dan melukai 538 orang itu."

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak