Saingi Thailand, 3 Skenario Timnas Indonesia dan Kamboja Tembus Semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia dan Kamboja punya kans ke semifinal Piala AFF 2022, lewat skenario ini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 30 Desember 2022 | 16:00 WIB
Aksi pemain Timnas Indonesia Jordi Amat saat lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Aksi pemain Timnas Indonesia Jordi Amat saat lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Membedah skenario Timnas Indonesia dan Kamboja menembus semifinal Piala AFF 2022 dan menyingkirkan Thailand di fase grup.

Piala AFF 2022 memasuki babak akhir grup, di mana setiap tim dari dua grup yang ada akan memperjuangkan tiket ke babak semifinal.

Salah satunya adalah dari grup A. Tercatat ada tiga tim yang berpeluang lolos ke semifinal, yakni Thailand, Timnas Indonesia, dan Kamboja.

Tiga tim ini berpeluang lolos ke semifinal setelah melakoni laga ketiga grup A Piala AFF 2022 yang berlangsung kemarin, Kamis (29/12).

Di laga ketiga ini, Timnas Indonesia dan Thailand yang saling berhadapan harus puas bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Sedangkan Kamboja mampu meraih poin maksimal di laga ketiga dengan menghajar Brunei Darussalam dengan skor 5-1.

Hasil tersebut membuat persaingan di grup A kian ketat. Tercatat, Thailand dan Timnas Indonesia duduk di peringkat pertama dan kedua dengan 7 poin dan disusul Kamboja dengan 6 poin.

Raihan poin dari tiga laga ini pun membuat ketiga tim masih berpeluang lolos ke semifinal. Partai penentuan pun akan tercipta di laga terakhir grup A Piala AFF 2022 atau laga keempat, Senin (2/1/23).

Mengingat hanya ada dua tiket ke semifinal, maka salah satu dari ketiga tim di grup A itu harus rela tersingkir dan gagal melanjutkan kiprahnya di Piala AFF 2022 ini.

Lantas, bagaimana skenario agar Timnas Indonesia dan Kamboja saja yang lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dan mendepak Thailand di ajang ini?

Skenario agar Thailand Terdepak

Mengingat ketatnya persaingan di grup A Piala AFF 2022, maka hanya ada satu skenario agar Timnas Indonesia dan Kamboja lolos ke semifinal.

Skenario ini bisa saja tercipta di laga terakhir grup A, di mana Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dan Kamboja akan menghadapi Thailand.

Dengan poin saat ini, Thailand dan Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu poin saja untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Namun jika mengharapkan Thailand tersingkir, maka Timnas Indonesia harus berharap agar Kamboja bisa menang atas tim Gajah Perang di laga terakhir.

Jika Kamboja bisa menang atas Thailand meski dengan skor 1-0 saja, maka Timnas Indonesia hanya perlu hasil imbang untuk lolos bersamaan dengan tim berjuluk Angkor Warriors itu.

Namun, kemenangan Kamboja atas Thailand dan hasil imbang Timnas Indonesia dengan Filipina hanya akan membuat skuad Garuda lolos ke semifinal sebagai runner up karena kalah poin.

Sehingga, agar Timnas Indonesia bisa lolos dengan status juara grup sekaligus menyingkirkan Thailand, skuad Garuda dan Angkor Warriors harus menang atas lawan-lawannya.

Jika Kamboja menang atas Thailand dan Timnas Indonesia menang atas Filipina di laga terakhir, maka begini klasemen akhir grup A Piala AFF 2022:

1. Timnas Indonesia: 10 poin
2. Kamboja: 9 poin
3. Thailand: 7 poin
4. Filipina: 3 poin
5. Brunei Darussalam: 0 poin

Namun jika Kamboja menang atas Thailand dan Timnas Indonesia imbang atas Filipina, maka kurang lebih begini klasemen akhir grup A Piala AFF 2022:

1. Kamboja: 9 poin
2. Timnas Indonesia: 8 poin
3. Thailand: 7 poin
4. Filipina: 4 poin
5. Brunei Darussalam: 0 poin.

Dua skenario inilah yang akan membuat Thailand terdepak, sehingga Timnas Indonesia dan Kamboja bisa bersamaan lolos ke semifinal grup A Piala AFF 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak