Hitung-hitungan agar Timnas Indonesia Tak Bertemu Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia bisa saja tak bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 02 Januari 2023 | 12:19 WIB
Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia dan Vietnam bisa saja berjumpa pada fase semifinal Piala AFF 2022. Namun, ada juga skenario yang membuat keduanya tak berhadapan di fase ini.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia dan Vietnam masih sama-sama berpeluang untuk melaju ke fase semifinal Piala AFF 2022.

Untuk saat ini, Timnas Indonesia masih berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tujuh poin, hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada di puncak.

Sementara itu, Timnas Vietnam masih bertengger di puncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi yang sama dengan Singapura. Hanya saja, Vietnam masih unggul selisih gol.

Jika Timnas Indonesia ingin menghindari Vietnam pada fase semifinal Piala AFF 2022, maka setidaknya ada dua skenario yang memungkinkan hal itu terjadi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan skenario agar Timnas Indonesia tak berjumpa Vietnam pada fase semifinal Piala AFF 2022.

1. Sama-sama Jadi Runner-up

Timnas Indonesia dan Vietnam hanya perlu menjadi runner-up klasemen akhir fase penyisihan grup andai tak ingin bersua di semifinal Piala AFF 2022.

Skenario ini bisa saja terjadi jika Indonesia hanya meraih imbang dan Thailand juga meraih imbang atau menang pada laga kontra Kamboja.

Dengan demikian, Thailand akan tetap berada di puncak klasemen dengan 10 poin jika menang atau delapan poin apabila imbang, sedangkan Indonesia tetap berada di urutan kedua dengan delapan poin.

Sementara itu, Vietnam harus bermain imbang kontra Myanmar pada laga pamungkas, sehingga mengoleksi delapan poin dari empat laga.

Namun, Singapura harus bisa meraih kemenangan atas Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B, sehingga The Lions bisa merebut puncak klasemen akhir.

2. Sama-sama Juara Grup

Timnas Indonesia dan Vietnam juga harus sama-sama menjadi juara klasemen akhir di grupnya masing-masing jika ingin terhindar dari pertemuan di fase empat besar.

Skenario ini bisa terwujud andai Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dengan margin gol yang lebih besar dari Thailand pada laga terakhir.

Sebab, jika sama-sama menang, maka posisi antara kedua tim ini akan ditentukan via selisih gol. Oleh karena itu, jumlah golnya akan sangat krusial untuk menentukan status masing-masing di klasemen akhir.

Sementara itu, Vietnam juga harus meraih kemenangan agar perolehan poinnya tak terkejar oleh Singapura yang menempel ketat di peringkat kedua.

Yang jelas, Vietnam harus tetap menang. Malaysia bisa saja menang atas Singapura dan menduduki posisi runner-up Grup B Piala AFF 2022.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak