3 Pemain Terkenal yang Pernah Dilatih Jan Olde Riekerink, Salah Satu Juara Piala Dunia

Kini, Jan Olde Riekerink resmi melatih Dewa United

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 02 Januari 2023 | 14:45 WIB
Jan Olde Riekerink saat masih menjadi pelatih Galatasaray pada Super Lig Turki antara Genclerbirligi dan Galatasaray di stadion 19 Mayis di Ankara, pada 15 Oktober 2016. (AFP/Adem Altan)

Jan Olde Riekerink saat masih menjadi pelatih Galatasaray pada Super Lig Turki antara Genclerbirligi dan Galatasaray di stadion 19 Mayis di Ankara, pada 15 Oktober 2016. (AFP/Adem Altan)

Gol.bolatimes.com - Dewa United bergerak cepat untuk mencari pengganti Nil Maizar dengan mendatangkan pelatih baru dalam diri, Jan Olde Riekerink.

Kepastian ini diumumkan Dewa United melalui akun Instagram resmi klub pada Minggu (1/1/2023). Namun, tidak diketahui berapa lama kontrak Jan Olde bersama Dewa United.

Satu hal yang pasti, pelatih asal Belanda tersebut punya tantangan berat untuk membawa Tangsel Warrior keluar dari zona degradasi.

Saat ini, Dewa United masih tercecer di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga 1 2022/23 dengan perolehan nilai 14 poin saja.

Menilik rekam jejaknya, Olde Riekerink termasuk sebagai pelatih dengan pengalaman mumpuni. Ia mengawali karier kepelatihan di tim muda Ajax Amsterdam dari 1995-2002.

Dari situ, ia sempat melatih klub Belgia, KAA Gent, menjadi asisten pelatih di FC Porto, ia juga sempat menjadi pelatih China untuk Olimpiade.

Setelah dari sana, Jan Olde Riekerink juga sempat melatih raksasa Turki, Galatasaray, lalu melatih SC Heerenveen, hingga terakhir klub Afrika Selatan, Cape Town City, sebelum akhirnya melatih Dewa United.

Dengan pengalaman menangani beberapa klub Eropa, Jan Olde Riekerink juga pernah menjadi pelatih beberapa pemain top dunia. Berikut ulasannya!

1. Wesley Sneijder

Saat ditunjuk menjadi pelatih Galatasaray pada Maret 2016, Olde Riekerink punya skuad mumpuni di antaranya ada eks pemain Inter Milan, Wesley Sneijder.

Sneijder saat itu memang sudah tidak muda, tapi ia tetap punya reputasi sebagai pemain bintang. Terlebih, ia datang dari Inter Milan usai mempersembahkan treble winner.

Olde Riekerink memang tidak lama melatih Sneijder karena dipecat pada Februari 2017, namun mereka sukses mempersembahkan Piala Turki dan Piala Super Turki.

2. Lukas Podolski

Selain Sneijder, Olde Riekerink juga sempat menjadi pelatih Lukas Podolski di Galatasaray. Podolski sendiri datang dari Arsenal pada 2015 ke klub Turki itu.

Podolski juga menjadi pahlawan Galatasaray saat mencetak gol semata wayang di laga Piala Super Turki melawan Fenerbahce pada 26 Mei 2016.

Podolski juga menjadi bagian tim Galatasaray era Olde Riekerink yang memenangkan Piala Turki musim 2015/16. Selain itu, Podolski juga saat itu berstatus sebagai peraih juara Piala Dunia 2014 bersama Jerman.

3. Fernando Muslera

Kiper asal Uruguay ini tercatat sudah bermain untuk Galatasaray sejak 2011 hingga sekarang, sehingga ia juga pernah dilatih oleh Olde Riekerink.

Di era Jan Olde Riekerink, Muslera juga mempersembahkan Piala Turki dan Piala Super Turki. Selain itu, ia juga punya koleksi 5 gelar juara Liga Turki.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak