Babak Belur di Piala AFF 2022, Filipina Janji Berikan Pertandingan Menarik di Laga Terakhir Hadapi Indonesia

Josep Ferre akan memaksimalkan kekuatan anak asuhnya.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Senin, 02 Januari 2023 | 16:37 WIB
Filipina hajar Brunei Darussalam 5-1 di fase grup Piala AFF 2022. (Twitter/@theaseanball)

Filipina hajar Brunei Darussalam 5-1 di fase grup Piala AFF 2022. (Twitter/@theaseanball)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre tak ingin kembali tumbang di hadapan penontonya saat menjamu Indonesia pada Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023). Dirinya akan memberikan permainan terbaik di laga terakhir Grup A.

Filipina, dipastikan gagal melaju ke semifinal setelah kalah dari Thailand pada pertandingan sebelumnya dengan skor 4-0. Namun mereka masih memiliki satu pertandingan terakhir sebelum angkat koper dari gelaran kompetisi dua tahunan itu.

Indonesia, tim tangguh yang ada di Grup A menjadi mimpi buruk mereka untuk dihadapi pada pukul 19.30 WIB. Meski tidak diunggulkan dari skuad berjuluk Garuda itu, Filipina akan bermain total untuk memberikan penghormatan bagi pendukung di stadion nanti.

Baca Juga: Hadapi Indonesia di Piala AFF, Pelatih Filipina: Mereka Tetap Sulit Ditembus meski Tanpa Jordi Amat

"Walau kita tahu kami sudah tereleminasi, namun kami masih ada di turnamen dan kami punya laga penting. Kami akan menunjukkan penampilan totalitas," kata Josep Ferre dikutip dari Antara, Senin.

Ia tak menampik bahwa suporter untuk anak asuhnya akan berdatangan. Di lain sisi Ferre ingin memberikan kesan manis kepada suporter sebelum The Azkals pamit dari Piala AFF 2022 ini.

"Kami harus tampil lebih baik. Masih ada kesempatan [menang]. Suporter akan datang ke stadion. Kami ingin pendukung Filipina bangga dengan apa yang kami lakukan," sebutnya.

Baca Juga: Jelang Laga Lawan Thailand, Timnas Indonesia Dapat Bocoran dari Pelatih Filipina tentang Pemain yang Wajib Diwaspadai

Pelatih tim nasional Filipina Josep Ferre (kiri) dan kapten skuadnya Stephan Schrock memberikan pernyataan kepada media pada konferensi pers sebelum laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional Filipina Josep Ferre (kiri) dan kapten skuadnya Stephan Schrock memberikan pernyataan kepada media pada konferensi pers sebelum laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Josep Ferre mengau anak asuhnya dalam kondisi terbaik. Ia juga memberikan motivasi kepada pemain bahwa skuad Garuda bisa dikalahkan malam ini.

"Memang sedih jika melihat bahwa pertandingan terakhir ini di kandang dan gagal [lolos ke semifinal]. Tapi bukan tentang pertandingan terakhir mereka [Indonesia] tapi ini pertandingan kami," katanya.

Filipina, finis di peringkat keempat Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi enam poin. Indonesia yang dijadwalkan bertandang ke Manila akan datang dengan skuad mumpuni untuk membawa pulang 3 poin terakhir di Grup A.

Baca Juga: Pelatih Filipina Takjub dengan Perkembangan Vietnam, Tak Anggap Timnas Indonesia?

Bukan berarti Indonesia harus santai menanggapi musuhnya. Bisa saja keajaiban muncul dari skuad Filipina dan mengubur mimpi mereka menjuarai Piala AFF.

Indonesia hanya perlu imbang atau menang untuk bisa lolos ke semifinal. Namun jika ingin menjadi juara Grup A, Indonesia tak boleh sedikit mencetak gol ke gawang lawan.

Hal itu menyusul dengan selisih gol dengan Timnas Thailand yang lebih banyak dibanding Indonesia.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak