Piala AFF 2022: Puji Anak Asuhnya, Pelatih Filipina Bangga Cuma Kalah 1-2 dari Timnas Indonesia

Pelatih Filipina merasa bangga dengan timnya saat cuma kalah 1-2 dari Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 03 Januari 2023 | 08:43 WIB
Pelatih tim nasional Filipina Josep Ferre (kiri) dan kapten skuadnya Stephan Schrock memberikan pernyataan kepada media pada konferensi pers selepas laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Pelatih tim nasional Filipina Josep Ferre (kiri) dan kapten skuadnya Stephan Schrock memberikan pernyataan kepada media pada konferensi pers selepas laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre, merasa bangga dengan performa anak asuhnya yang hanya kalah 1-2 saat melawan Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023).

"Saya rasa setiap orang bisa melihat tim yang membanggakan hari ini. Mereka memiliki semangat, komitmen dan pantang menyerah sampai akhir," ujar Josep dalam konferensi pers usai pertandingan.

Juru taktik asal Spanyol itu menilai skuadnya mampu bertarung dengan tangguh meski pada akhirnya harus kalah 1-2 dari skuad "Garuda".

Menurut Josep, dua gol Indonesia yang masuk ke gawang skuadnya pada babak pertama itu terjadi karena timnas Filipina kurang koordinasi di lini belakang.

"Namun, kami bisa melalui pertandingan itu dengan baik. Apalagi, banyak pemain di tim kami yang baru merasakan pengalaman berlaga di timnas," tutur dia.

Kapten timnas Filipina Stephan Shrock sepakat dengan sang pelatih. Gelandang serang berusia 36 tahun itu menilai performa skuadnya sangat bagus kala bersua Indonesia.

Tim berjuluk "The Azkals", Shrock melanjutkan, telah memperlihatkan ketangguhan mental di hadapan pendukungnya sendiri.

"Penampilan yang baik sekali dari semua pemain," kata pria yang pensiun dari timnas Filipina setelah pertandingan melawan Indonesia itu.

Timnas Filipina kalah 1-2 dari Indonesia pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1).

Dua gol Indonesia dilesakkan Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan pada babak pertama. Sementara Filipina memperkecil kedudukan melalui Sebastian Rasmussen pada paruh kedua.

Hasil tersebut tidak berpengaruh apapun bagi Filipina yang sebelumnya sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

Akan tetapi, bagi Indonesia, tiga poin membawa mereka melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai peringkat kedua (runner up) Grup A.

Indonesia (selisih gol +9) berada di peringkat kedua Grup A lantaran kalah selisih gol dari Thailand (+11) dengan sama-sama berpoin 10. Thailand, pada saat bersamaan, mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Di fase empat besar, Indonesia akan berjumpa dengan "runner up" Grup B pada 6 Januari 2023 dengan leg pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dan leg kedua di kandang lawan, 9 Januari 2023.

(Antara)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak