Profil Esteban Solari, Adik Kandung Eks Pelatih Real Madrid yang Akan Latih Jordi Amat di JDT

Jordi Amat akan memiliki pelatih baru di JDT pada musim depan. Dia adik dari eks pelatih Real Madrid

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 11:13 WIB
Esteban Solari saat membela Apoel FC di Stadion Dragao di Porto pada 18 Oktober 2011, menjelang pertandingan Grup G Liga Champions melawan FC Porto. (AFP)

Esteban Solari saat membela Apoel FC di Stadion Dragao di Porto pada 18 Oktober 2011, menjelang pertandingan Grup G Liga Champions melawan FC Porto. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Johor Darul Takzim (JDT) resmi memperkenalkan Esteban Solari sebagai pelatih anyar mereka. Perkenalan pelatih asal Argentina ini dibagikan lewat akun media sosial klub.

Dalam unggahan Instagram JDT, Rabu (4/1/2023), diperlihatkan cuplikan-cuplikan kehadiran Solari ke markas klub raksasa Malaysia tersebut.

Sebetulnya, kabar menyoal penunjukkan Esteban Solari sebagai pelatih JDT sudah muncul sejak awal Desember 2022. Ia menggantikan Hector Bidoglio yang digeser ke posisi direktur teknik.

Menurut Tunku Ismail Idris bin Sultan Ibrahim, sang pemilik klub, itu adalah bagian dari perubahan yang besar untuk musim depan. Solari sendiri merupakan nama baru di dunia kepelatihan. Ia baru memulai kariernya sebagai pelatih pada 2019 dan belum punya banyak pengalaman.

Meski begitu, JDT dinilai beruntung bisa mendapatkan jasa dari adik Santiago Solari tersebut. Lantas, siapa sebetulnya Esteban Solari ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Esteban Solari

Sosok bernama lengkap Esteban Andres Solari Poggio ini lahir di Rosario, Argentina, pada 2 Juni 1980. Ia merupakan adik kandung dari eks pelatih Real Madrid, Santiago Solari.

Dalam perjalanan kariernya, Esteban tidak sementereng kakaknya. Solari sendiri dikenal sempat membela tim-tim besar Eropa macam Real Madrid, Inter Milan, hingga Atletico Madrid.

Sementara Esteban Solari, lebih banyak berkarier di Argentina seperti Estudiantes, Argentinos Juniors dan beberapa klub tak terlalu terkenal di Eropa dan Asia.

Ia sempat bermain untuk Almeria selama dua musim, tapi cuma tampil 1o kali. Di pengujung kariernya, Solari bermain untuk klub asal Ekuador, Aucas, dan pensiun di sana pada 2016.

Setelah pensiun, Esteban Solari tidak langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ia baru mulai merintis karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih Argentina U-20 pada 2019.

Esteban Solari kemudian ditunjuk juga untuk menjadi asisten pelatih Timnas Argentina U-23 pada waktu bersamaan. Kontraknya akan berakhir pada 30 Desember 2020 mendatang.

Karier Esteban Solari dipastikan akan berlanjut dengan menangani Johor Darul Takzim di Liga Malaysia.  Meski belum punya banyak pengalaman, pemilik JDT, Tunku Ismail Idris bin Sultan Ibrahim, meyakini kemampuan pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak