6 Momen Shin Tae-yong Naik Pitam di Piala AFF 2022, Semprot Egy hingga Geram dengan Ulah Alexandre Polking

Indonesia lolos ke semifinal menghadapi Vietnam.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 13:15 WIB
Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Tensi panas dalam sepak bola bakal dirasakan seluruh pemain. Termasuk pemain di bangku cadangan bahkan, pelatih yang mengatur strategi saat anak asuhnya bertanding.

Hal itu juga dialami Shin Tae-yong yang menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Lima penampilan yang dilakoni skuad Garuda, pelatih asal Korea Selatan ini juga terciduk marah-marah.

Berikut 6 momen Shin Tae-yong naik pitam mulai dari pemainnya hingga pelatih rival bebuyutannya Thailand.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Belum Pasti Main Lawan Vietnam, Shin Tae-yong: Kita Lihat Saja Nanti

1. Semprot Egy Maulana Vikri

Pada laga menghadapi Brunei Darussalam di matchday kedua Piala AFF 2022, 26 Desember 2022, Shin Tae-yong terciduk mengomeli Egy Maulana Vikri. Momen itu sempat menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan penyerang sayap skuadnya Egy Maulana Vikri memberikan pernyataan kepada media dalam konferensi pers usai pertandingan Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja, yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan penyerang sayap skuadnya Egy Maulana Vikri memberikan pernyataan kepada media dalam konferensi pers usai pertandingan Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja, yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Bukan tanpa alasan saat itu Egy diakui Shin Tae-yong lambat membuat keputusan yang menyebabkan kehilangan momentum permainan.

Baca Juga: Media Vietnam Soroti Komentar Shin Tae-yong soal The Golden Star Clean Sheet karena Lawan Tim Lemah

Hal itu dibantah Shin Tae-yong sendiri, ia menjelaskan ia tidak marah kepada pemain 22 tahun itu. Shin Tae-yong hanya memberi arahan kepada Egy namun karena kondisi ramai, Shin Tae-yong harus berteriak.

2. Berwajah masam ke Ricky Kambuaya

Laga terakhir di fase Grup B Piala AFF 2022 yang mempertemukan Filipina vs Indonesia, pelatih 52 tahun ini terciduk memberikan wajah kesal ke Ricky kambuaya.

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Shin Tae-yong yang bakal Tampil Menyerang di Semifinal Piala AFF 2022, Media Vietnam Ketar-ketir

Saat itu Indonesia butuh banyak gol untuk menjadi juara grup dari rivalnya, Thailand. Sehingga kemenangan 2-1 atas Filipina sebenarnya tak membuat puas Shin Tae-yong.

Bukan tanpa sebab, ada momen emas yang bisa dilakukan anak asuhnya menambah jumlah gol menjadi 3-1. Hal itu berawal dari Ricky Kambuaya dan Ilija Spasojevic yang berhasil menerobos ke jantung pertahanan Filipina, dimana hanya ada 1 pemain yang menjaga Kambuaya.

Spaso sapaan akrabnya berada dalam posisi bebas tanpa pengawalan sama sekali dari Filipina. Gol bisa saja tercipta jika Kambuaya berinisiatif memberi umpan pendek ke Spaso. Namun hal itu tak dilakukan dan hanya membuang kesempatan.

3. Marah ke Alexandre Polking

Tak hanya anak asuhnya yang menjadi bulan-bulanan Shin Tae-yong. Pelatih Thailand juga menjadi obyek kemarahan Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Mano Polking. [ROSLAN RAHMAN / AFP]
Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Mano Polking. [ROSLAN RAHMAN / AFP]

Hal itu terjadi lantanan, Alexandre Polking mengerjai Marselino Ferdinan yang akan mengambil bola keluar di dekat bench Thailand.

Shin Tae-yong sempat berteriak ke pelatih Thailand tersebut dan diminta mundur oleh wasit lapangan. Bagi Shin Tae-yong, aksi Polking itu harus mendapat kartu merah, mengingat menunda permainan dan tidak menghormati asas fair play di satu pertandingan.

4. Berteriak-teriak ke Marselino

Wonderkid Persebaya Surabaya yang lolos ke skuad senior Timnas Indonesia ini dikenal dekat dengan Shin Tae-yong, tak jarang Marselino bercanda dengan pelatihnya di beberapa potongan video.

Meski begitu, keduanya paham bagaimana waktu bercanda dan serius. Terdapat momen serius hingga Shin Tae-yong berteriak keras saat Marselino Ferdinan mengulur waktu usai dilanggar pemain Kamboja.

Pemain 19 tahun ini tak segera bangkit saat kondisi advantage dari wasit.

5. Ilija Spasojevic juga jadi sasaran

Aksi Ilija Spasojevic saat Timnas Indonesia kalahkan Kamboja 2-1 di Piala AFF 2022. (PSSI)
Aksi Ilija Spasojevic saat Timnas Indonesia kalahkan Kamboja 2-1 di Piala AFF 2022. (PSSI)

Penyerang Bali United ini tak lepas dari sasaran Shin Tae-yong yang naik pitam. Hal itu terlihat dari pertandingan perdana Indonesia menghadapi Kamboja.

Spaso, seperti menahan serangan yang sudah dibangun untuk melakukan balasan ke gawang Kamboja. Lagi-lagi Indonesia kehilangan kesempatan menyerang dan Shin Tae-yong marah ke Spaso.

6. Sesi latihan

Sesi latihan Timnas Indonesia pasti terjadi gesekan kecil. Shin Tae-yong juga mengalami hal itu saat anak asuhnya berjalan lambat. Padahal mereka terlambat datang ke lapangan. Shin Tae-yong juga berteriak kencang untuk mempercepat langkah Witan Sulaeman dkk.

Di sisi lain latihan itu juga penting untuk mempersiapkan menghadapi Thailand. Bus yang rencananya datang pukul 15.30 WIB terlambat 10 menit dari jadwal yang ditentukan.

Itu tadi 6 momen Shin Tae-yong naik pitam selama gelaran Piala AFF 2022.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak