Kamis, 05 Januari 2023 | 20:00 WIB

Mengenang Momen Terakhir Kurnia Meiga Tampil di Piala AFF Sebelum Menghilang secara Misterius

Rauhanda Riyantama
Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]
Mantan kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga. [Shutterstock]

Gol.bolatimes.com - Mengenang momen terakhir Kurnia Meiga tampil di kancah sepak bola sebelum akhirnya menghilang secara misterius dan pensiun dini.

Kurnia Meiga merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia, dengan postur tubuh yang menjulang dan refleknya yang apik.

Namun kiprah apiknya tak berakhir mulus. Pria yang kini berusia 32 tahun itu harus mengakhiri karier sepak bolanya lebih cepat.

Baca Juga: 3 Klub BRI Liga 1 yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Marko Simic

Tak banyak yang tahu bagaimana eks kiper utama Arema FC ini mengakhiri kiprahnya di lapangan hijau. Sehingga, ia pun dicap menghilang secara misterius.

Adik dari mendiang Achmad Kurniawan ini mendadak hilang setelah melakoni laga Liga 1 antara Barito Putera vs Arema FC, 23 Agustus 2017.

Pada laga yang dimenangkan Arema FC tersebut, Kurnia Meiga tampil sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diyakini Bakal Jumpa Malaysia di Final Piala AFF 2022

Namun di laga selanjutnya, Kurnia Meiga menghilang tanpa diketahui alasannya, hingga akhirnya memutuskan pensiun dari jagat sepak bola.

Usut punya usut, Kurnia Meiga memilih melepaskan kariernya sebagai pemain akibat mengalami gangguan fungsi penglihatan yang membuatnya tak bisa lagi bermain bola.

Meski telah menghilang dan pensiun dari kancah sepak bola, kiprah Kurnia Meiga di bawah mistar tak dapat dilupakan saja.

Baca Juga: Pihak AFF Sebut 2 Hal Positif yang Dimiliki Timnas Indonesia untuk Tumbangkan Vietnam

Apalagi dengan kiprah menterengnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 yang menjadi ajang terakhirnya bersama skuad Garuda.

Kiprah Terakhir Kurnia Meiga di Piala AFF

Piala AFF 2016 menjadi turnamen terakhir Kurnia Meiga selama berseragam Timnas Indonesia sejak debutnya pada 2013 silam.

Baca Juga: Jumlah Pemain Naturalisasi Semifinalis Piala AFF 2022, Malaysia Terbanyak

Di Piala AFF 2016 itu, Kurnia Meiga menjadi pilihan pertama mendiang Alfred Riedl di bawah mistar. Tercatat, ia tampil di seluruh laga yang dimainkan skuad Garuda.

Di edisi tersebut, Kurnia Meiga mampu membawa Timnas Indonesia melaju hingga babak final, sebelum akhirnya tumbang dan menjadi Runner Up.

Sepanjang turnamen tersebut, Kurnia Meiga sempat kebobolan enam gol di dua laga awal fase grup setelah Timnas Indonesia tumbang 2-4 dari Thailand dan imbang 2-2 dengan Filipina.

Namun kebobolan enam gol dari dua laga ini tak membuat penampilan Kurnia Meiga menurun. Di laga selanjutnya, ia hanya empat gol dari tiga laga.

Empat gol itu didapat di laga terakhir grup A kontra Singapura dengan skor 2-1 dan tiga gol di semifinal kontra Vietnam yang berkesudahan dengan agregat 4-3 bagi Timnas Indonesia.

Kemudian di babak final, Kurnia Meiga tampil cekatan dan membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-1 di leg pertama atas Thailand.

Nahas di leg kedua kontra Thailand, Kurnia Meiga harus memungut bola sebanyak dua kali dari gawangnya, sehingga Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2016.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

indonesia

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda