Kalahkan Vietnam di Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2022, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Drastis?

Menilik potensi Timnas Indonesia naik ranking FIFA jika kalahkan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023).

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 05 Januari 2023 | 22:30 WIB
Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022. (affmitsubishielectriccup.com)

Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022. (affmitsubishielectriccup.com)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia akan bersua Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Akankah ranking FIFA skuad Garuda melonjak drastis jika berhasil mengalahkan lawannya tersebut?

Timnas Indonesia akan melakoni laga berat di semifinal Piala AFF 2022, yakni melawan Vietnam sebanyak dua kali dalam laga kandang dan tandang, Jumat (6/1) dan Senin (9/1).

Pertemuan ini sendiri terjadi setelah dua tim tersebut mendapati hasil berbeda dalam perjalanannya di fase grup ajang dua tahunan ini.

Baca Juga: Tandang ke Markas Timnas Indonesia di Semifinal Leg Pertama, Pihak AFF Soroti Kerugian Vietnam

Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal dengan status Runner Up grup A, setelah kalah selisih gol dari rival lainnya, Thailand.

Sedangkan Vietnam mampu menjadi juara grup B usai menyapu bersih empat laga dengan kemenangan, mengungguli Malaysia serta Singapura di tangga klasemen.

Karena hasil di babak grup itu, duel Indonesia vs Vietnam pun tak terelakkan, sehingga kedua tim harus saling tikam untuk merebut tiket ke final Piala AFF 2022.

Baca Juga: Profil Mamadou Barry, Striker Naturalisasi yang Jalani Trial di PSM Makassar

Di atas kertas, Vietnam pun lebih diunggulkan ketimbang Timnas Indonesia untuk melaju ke final Piala AFF 2022. Hal ini tak lepas dari kiprah The Golden Stars.

Selain mampu menyapu bersih fase grup dengan kemenangan, Vietnam juga unggul di ranking FIFA atas Timnas Indonesia, dengan masing-masing berada di peringkat ke-95 dan peringkat ke-151.

Perbedaan 56 ranking ini pun tak ayal menimbulkan pertanyaan. Jika Timnas Indonesia menang atas Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, akankah ranking FIFA skuad Garuda melonjak drastis?

Baca Juga: 3 Klub BRI Liga 1 yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Marko Simic

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

 

Kemenangan Tak Berarti Banyak di Ranking FIFA

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam, maka skuad Garuda akan mendapat tambahan poin sebesar 3,38 poin saja.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diyakini Bakal Jumpa Malaysia di Final Piala AFF 2022

Raihan ini tak cukup untuk mengatrol posisi anak asuh Shin Tae-yong ke peringkat 150 besar dunia yang diduduki Liberia.

Pasalnya, tambahan 3,38 poin ini hanya akan membuat Timnas Indonesia mengantongi 1044,77 poin, masih kalah dari Liberia di peringkat ke-150 yang memiliki 1049,66 poin.

Lantas bagaimana ranking Timnas Indonesia jika bermain imbang ataupun tumbang dari Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 ini?

Jika imbang kontra Vietnam, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 0,88 poin saja. Sedangkan jika kalah, maka skuad Garuda harus kehilangan 1,62 poin.

Hasil imbang atau kekalahan ini tak akan berpengaruh terhadap posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA kelak karena skuad Garuda unggul 10 poin lebih atas Republik Dominika yang ada di peringkat ke-151 dunia.

Alhasil, jika ingin masuk ke peringkat 150 besar dunia, Timnas Indonesia pun harus bisa memenangi laga tersisa di Piala AFF 2022 ini dan keluar sebagai juara.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak