3 Penyebab Timnas Indonesia Gagal Bobol Gawang Vietnam

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 0-0 lawan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:45 WIB
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Gol.bolatimes.com - Berikut ini adalah deretan penyebab Timnas Indonesia gagal menjebol gawang Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia harus puas mengakhiri laga kontra Vietnam dengan hasil imbang di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1).

Dalam laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong sejatinya tampil dominan sejak menit pertama dan mampu membuat Vietnam tertekan dengan sederet ancaman yang diberikan.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala AFF 2022 Hari Ini: Big Match Malaysia vs Thailand

Bahkan, skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, mampu meredam agresivitas serangan Vietnam yang akhirnya tak banyak menciptakan peluang.

Hal ini pun terbukti dari catatan pertandingan. Timnas Indonesia mampu melepaskan 8 tembakan dengan 2 tembakan tepat sasaran, sedangkan Vietnam hanya melepaskan 2 tembakan dengan 1 tembakan tepat sasaran.

Hanya saja, banyaknya peluang yang didapatkan Timnas Indonesia di laga ini urung membuahkan gol, sehingga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam pun harus berakhir imbang 0-0.

Baca Juga: Park Hang-seo Puji Kualitas Timnas Indonesia yang Bermain Imbang saat Jamu Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Dengan hasil imbang ini, banyak penyesalan yang diungkapkan pendukung Timnas Indonesia karena skuad Garuda tak mampu mencetak gol meski menciptakan banyak peluang.

Lantas, apa saja penyebab Timnas Indonesia tak bisa menjebol gawang Vietnam kendati memiliki banyak peluang dan lebih mengancam di laga ini?

1. Finishing yang Buruk

Baca Juga: Bermain Imbang saat Hadapi Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Jordi Amat Jelaskan Kondisi Rekan Setimnya

Lagi-lagi Finishing atau penyelesaian akhir masih menjadi masalah besar bagi Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini.

Tercatat di laga kontra Vietnam, Timnas Indonesia mendapat sederet peluang berpotensi gol, terutama di paruh pertama.

Namun buruknya eksekusi bola dari dalam kotak penalti membuat peluang-peluang ini mampu digagalkan kiper lawan ataupun berbuah tendangan sudut dan tendangan gawang saja.

Baca Juga: Doan Van Hau Tendang Kaki Ricky Kambuaya di Kotak Terlarang, Komentator Piala AFF: Itu Penalti!

2. Ketenangan

Finishing dalam sepak bola identik dengan ketenangan pemain. Hal inilah yang kemudian membuat gawang Vietnam tetap perawan kendati digempur habis Timnas Indonesia.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia mendapat sederet kesempatan emas untuk menjebol gawang Vietnam dalam situasi 1vs1 dengan kiper lawan.

Nahas peluang-peluang ini mampu digagalkan kiper lawan dengan penyelamatannya atau bola yang dieksekusi malah jauh dari sasaran.

3. Kurang Membaca Situasi dengan Cermat

Di paruh pertama saat Timnas Indonesia memiliki banyak peluang, beberapa penggawa skuad Garuda terlihat kurang dalam membaca situasi dengan cermat di tengah-tengah pertandingan.

Hal ini ditunjukkan Dendy Sulistyawan dan Yakob Sayuri dalam tempo empat menit saja di babak pertama, yakni di menit ke-19 dan menit ke-24.

Saat itu, Dendi Sulistyawan dan Yakob Sayuri mendapat kesempatan 1vs1 dengan kiper lawan usai menerima Through Pass atau umpan terobosan dari rekannya.

Alih-alih mengeksekusi peluang tersebut, keduanya malah mengirimkan Cut Back ke tengah dengan harapan bisa disambut rekannya. Padahal, saat itu posisi rekan-rekannya berada dalam pengawasan lawan atau di posisi yang terbilang jauh.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak