Profil Omar Al-Yaqoubi, Wasit Kontroversial di Laga Indonesia vs Vietnam

Omar Al-Yaqoubi tengah jadi sorotan karena kerap bikin keputusan yang rugikan Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 07 Januari 2023 | 21:08 WIB
Omar Al-Yaqoubi wasit yang pimpin pertandingan semifinal Piala AFF, Timnas Indonesia vs Vietnam. (Instagram/@refreeomar)

Omar Al-Yaqoubi wasit yang pimpin pertandingan semifinal Piala AFF, Timnas Indonesia vs Vietnam. (Instagram/@refreeomar)

Gol.bolatimes.com - Hasil imbang timnas Indonesia melawan Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022 tak lepas dari sederet keputusan kontroversial wasit asal Omat, Omar Al-Yaqoubi.

Sosok Omar Al-Yaqoubi mendapat banyak sorotan dari suporter sepak bola Tanah Air usai laga timnas Indonesia melawan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023).

Banyak kejadian yang merugikan timnas Indonesia, para pemain dilanggar secara brutal oleh anak asuh Park Hang-seo namun tak ada ganjaran berarti dari itu.

Baca Juga: Momen Blunder Konyol David De Gea, Bikin Manchester United Kebobolan

Doan Van Hau menjadi pemain yang paling mendapat sorotan karena aksi brutalnya, tekel horor menggunakan dua kaki terhadap Dendy Sulistyawan.

Namun Omar seolah 'buta' akan hal itu, hanya memberi pelanggaran biasa tanpa adanya hukuman kartu yang pantas, dan seharusnya diganjar dengan kartu merah.

Kemudian pelanggaran terhadap Ricky Kambuaya di kotak penalti Vietnam, juga dilakukan Doan Van Hau yang sengaja menendang kaki gelandang Persib Bandung.

Baca Juga: Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nasib Elkan Baggott Gagal Kawal Jamie Vardy

Hal itu juga tak berdampak apa-apa, padahal wasit Omar berdiri tepat di depan kejadian saat kaki Kambuaya ditendang Van Hau.

Omar Mbuarak Mazaroua Al Yaqoubi, wasit kelahiran Ad Dhahirah, Oman pada 3 Juli 1987 dan telah menjadi wasit FIFA sejak 2013 lalu.

Kualitas Yaqoubi memimpin pertandingan membuatnya jadi langganan kompetisi level Asia, karena memang sosoknya yang sangat berpengalaman di kancah internasional.

Baca Juga: 2 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Jadi Starter saat Hadapi Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Menurut catatan World Football, pria berusia 35 tahun ini pernah dipercaya memimpin empat laga di Kualifikasi Piala Dunia, medio 2019-2020.

Kemudian memimpin pertandingan di Kualifikasi Piala Asia 2019 dan 2023, lalu Liga Champions Asia pada 2018, 2020, 2021 dan 2022.

Yaqoubi juga pernah memimpin laga di Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Indonesia, hal itu menjadikannya sangat paham dengan karakter suporter Tanah Air.

Baca Juga: 3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2022, Main Imbang Sudah Cukup

Seolah tak belajar dari pengalaman, keputusannya di semifinal leg pertama Piala AFF 2022 pada laga Indonesia melawan Vietnam benar-benar membuat kariernya harus dievaluasi.

Mengingat insiden kontroversial yang terjadi, sudah sepantasnya alat bantu VAR diterapkan dalam gelaran Piala AFF edisi selanjutnya.

Hal ini akan lebih membantu wasit seperti Omar dalam menjalankan tugasnya, atau pilihan pensiun lebih tepat dipilih olehnya.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak