Jelang Manchester City vs Chelsea, Rekor Fantastis Pep Guardiola: Pernah Cetak 6 Gol Tanpa Balas

Pep Guardiola memiliki rekor fantastis jika bertemu Chelsea.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Minggu, 08 Januari 2023 | 16:21 WIB
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat pertandingan antara Liverpool vs Manchester City di Anfield pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (3/10/2021). (Paul ELLIS / AFP)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat pertandingan antara Liverpool vs Manchester City di Anfield pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (3/10/2021). (Paul ELLIS / AFP)

Gol.bolatimes.com - Pertemuan Manchester City vs Chelsea di Etihad Stadium pada babak ketiga Piala FA, Minggu (8/1/2023) pukul 23:30 WIB menjadi peluang bagi Pep Guardiola atas rekor fantastisnya melawan The Blues. 

Dari catatan pertemuan Pep Guardiola melawan Chelsea, pelatih Catalan itu mempunya rekor fantastis. Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Chelsea ialah klub kedua yang paling sering dikalahkan oleh Guardiola. 

Chelsea berada diurutan kedua di bawah Arsenal dari tim yang paling sering dikalahkan Pep Guardiola. Arsenal kalah 17 kali dari tim yang dilatih Pep, sementara Chelsea dipecundangi sebanyak 12 pertandingan. 

Baca Juga: Manchester City vs Chelsea: Rekor Jomplang Pep Guardiola Lawan Graham Potter

Secara keseluruhan, Pep Guardiola telah sebanyak 23 kali bertemu Chelsea. Dari 23 pertemuan itu, Pep Guardiola kalah sebanyak 8 kali di semua kompetisi dan imbang 3 pertandingan. 

Pertemuan pertama Guardiola melawan Chelsea ialah saat ia masih melatih Barcelona. Saat itu kedua tim berjumpa di babak semifinal Liga Champions musim 2008-09. 

Bermain di Nou Camp, Barcelona hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Pun pada leg kedua babak semifinal Liga Champions 2008-09, kedua tim bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge. 

Baca Juga: Pep Guardiola Mulai Menyerah Kejar Arsenal, Rela Lepas Gelar Juara Liga Inggris?

Meski imbang, Barcelona lolos ke final Liga Champions 2008-09 karena mampu mencetak gol tandang. Pertemuan Chelsea vs Barcelona di Stamford Bridge pada musim itu jadi salah satu paling dikenang suporter karena dramatisnya pertandingan. 

Gol Andres Iniesta di menit akhir membuyarkan Chelsea untuk melaju ke partai puncak. Salah satu yang jadi sorotan pada laga ini ialah kepemimpinan wasit asal Norwegia Tom Henning Ovrebo yang dianggap kontroversial. 

Menariknya, saat Guardiola akhirnya pindah ke Liga Inggris, ia dibuat tak berdaya pada dua pertemuan melawan Chelsea. Pada musim 2016-17, di laga home and away, Manchester City kalah dari Chelsea. 

Baca Juga: Pasang Theerathon Bunmathan Jadi Gelandang, Alexandre Polking Bantah Tiru Strategi Pep Guardiola

Kemenangan perdana Guardiola atas Chelsea di Liga Inggris terjadi pada pekan ke-7 Liga Inggris 2016-17. Saat itu Manchester City menang tipis 1-0 atas Chelsae di Stamford Bridge lewat gol tunggal Kevin de Bruyne. 

Dari 23 pertandingan Guardiola di semua kompetisi melawan Chelsea, kemenangan terbesar diraih pada musim 2018-19. Saat itu Liga Inggris memasuki pekan ke-26, Manchester City menang setengah lusin gol atas Chelsea. 

Baca Juga: Sudah Dihubungi, Pep Guardiola Dibidik Jadi Pelatih Baru Timnas Brasil

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak