Profil Van Lam Dang, Kiper Andalan Vietnam Kelahiran Rusia: Tersandung Skandal dan Alami Depresi

Kiper andalan Vietnam, Van Lam Dang pernah alami depresi dan tersandung skandal.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 10:16 WIB
Kiper Vietnam Van Lam Dang saat melakoni pertandingan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Januari 2023 (@dangvanlam_official)

Kiper Vietnam Van Lam Dang saat melakoni pertandingan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Januari 2023 (@dangvanlam_official)

Gol.bolatimes.com - Vietnam pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 6 Januari 2023 mampu meraih hasil imbang tanpa gol. 

Tak kebobolannya gawang Vietnam di SUGBK selain karena faktor kurang tenangnya penyelesaian akhir pemain Timnas Indonesia, juga karena kemampuan kiper mereka, Van Lam Dang gagalkan peluang tim Merah Putih. 

Sepanjang Piala AFF 2022, Van Lam Dang jadi kiper yang belum pernah kebobolan sampai babak semifinal. Jika di Piala AFF 2020, Park Hang-seo andalkan Tran Nguyen Manh sebagai kiper andalan, tahun ini giliran Van Lam Dang. 

Baca Juga: Calo Bermunculan, Tiket Vietnam vs Timnas Indonesia Dijual Rp800 Ribu untuk Kategori Paling Rendah

Van Lam Dang ialah kiper Vietnam berusia 29 tahun. Menariknya, ia menjadi satu-satunya pemain di skuat Vietnam yang kelahiran luar negeri. 

Van Lam Dang kelahiran Moskow, Rusia pada 13 Agustus 1993. Karier sepak bola Lam Dang pun dimulai di klub Rusia. 

Van Lam Dang tercatat pernah bermain di Akademia Krylya Sovetov Samara, Rusia. Pada 2010, ia bermain untuk klub Dynamo Moscow II. Namun kariernya di klub tersebut tak berlangsung lama. 

Baca Juga: Vietnam vs Indonesia Lakoni Adu Penalti, Nadeo Argawinata Lebih Baik Dibanding Van Lam Dang

Pada 1 Juli 2010, Van Lam Dang merumput pertama kali di Liga Vietnam dengan bergabung ke HAGL FC. Tiga tahun di HAGL, Van Lam Dang kemudian putuskan hijrah dan bermain di Liga Laos bersama HAA. 

Kariernya di HAA mandek dan ia putuskan pulang ke HAGL FC. Kemudian Van Lam Dang putuskan untuk berhenti sementara dari sepak bola. Ya, Van Lam Dang selama satu tahun dari 1 Juli 2013 hingga 1 Juli 2014 tak bermain sepak bola. 

Skandal Transfer Van Lam Dang

Baca Juga: Disentil Shin Tae-yong Gara-gara Suka Main Kasar, Doan Van Hau Tetap Santai

Karier Van Lam Dang sebagai penjaga gawang bak roller coaster. Awal tahun ini ia tersandung skandal transfer. Bahkan salah satu media Vietnam, vnexpress.net menyebut skandal itu membuat Van Lam Dang alami depresi. 

Skandal Van Lam Dang bermula saat ia bermain di Liga Thailand bersama Muangthong United. Van Lam Dang berselisih dengan klub besar Thailand itu. 

Pihak klub bahkan membawa kasus tersebut ke FIFA dengan menyebut bahwa Van Lam Dang mengakhiri kontrak lebih cepat dari kesepakatan.

Baca Juga: Penampakan Jejak Kaki Binatang di Bangku Stadion My Dinh, AFF Malah Kasih Pujian, Kok Bisa?

Kontrak Van Lam Dang dengan Muangthong United harusnya berakhir pada November 2021. Namun karena pandemi Covid-19, jadwal Liga Thailand berubah. Kondisi ini membuat pemain asing mau tak mau harus perpanjang kontrak hingga Mei 2022. 

Selain diharuskan bermain lebih lama, krisis keuangan membuat Muangthong United harus memangkas gaji Van Lam Dang sebanyak 30 persen. Namun menurut pihak agen Van Lam Dang, Andrey Grushin, pemotongan gaji itu tanpa pemberitahuan lebih dahulu. 

Pihak Muangthong United kemudian merasa tidak berhutang dnegan Van Lam Dang untuk gaji. Namun, pihak agen Lam Dang memajukan kasus ini ke pengadilan. 

Pada Januari 2022, pihak Vam Lam Dang mengajukan gugatan kepada Muangthong United untuk membayarkan sisa gajinya. Namun pihak klub menyebut bahwa Van Lam Dang melanggar kontrak dengan tidak muncul latihan dan malah bergabung ke klub Liga Jepang, Cerezo Osaka. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak