Profil Araki Yusuke, Wasit yang Pernah Rugikan Timnas Indonesia dan Akan Pimpin Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Hati-hati, wasit Araki Yusuke pernah rugikan Timnas Indonesia di masa lalu

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 15:43 WIB
Wasit asal Jepang Yusuke Araki yang jadi pengadil di laga Vietnam vs Indonesia pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin 9 Januari 2023. (jfa.jp)

Wasit asal Jepang Yusuke Araki yang jadi pengadil di laga Vietnam vs Indonesia pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin 9 Januari 2023. (jfa.jp)

Gol.bolatimes.com - Wasit asal Jepang, Araki Yusuke, akan memimpin pertandingan leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam. Sosok ini menjadi sorotan karena pernah merugikan Timnas Indonesia.

Sebelum memimpin duel antara Timnas Indonesia vs Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Araki Yusuke sebetulnya sudah sempat membuat gemas penonton pada tahun 2018.

Momen itu tepatnya terjadi ketika Timnas Indonesia menjamu Islandia di laga persahabatan internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada 14 Januari 2018.

Pada pertandingan itu, skuad Garuda yang masih diasuh oleh Luis Milla sempat dirugikan dengan kinerja Araki Yusuke yang menjadi wasit utama.

Pasalnya, Araki Yusuke dianggap melakukan sejumlah keputusan yang janggal dan merugikan skuad Garuda. Bahkan, penonton sampai-sampai merasa bahwa wasit berpihak kepada islandia.

Kejanggalan ini memang membuat penonton gemas mengingat Araki Yusuke kerap membiarkan pemain Islandia melakukan pelanggaran tanpa menganggapnya sebagai pelanggaran.

Tak hanya itu saja, Araki Yusuke juga memberikan hadiah penalti kepada Islandia. Hingga akhirnya, skuad asuhan Luis Milla dipaksa bertekuk lutut dengan skor 1-4.

Empat tahun setelah kejadian itu terjadi, kini Araki Yusuke akan memimpin duel krusial antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Menurut jadwal, pertempuran antara Timnas Indonesia kontra Vietnam nantinya akan berlangsung Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023), pukul 19.30 WIB.

Profil Araki Yusuke

Sebagai informasi, Araki Yusuke merupakan wasit berkebangsaan Jepang yang tercatat lahir di Tokyo pada 2 Mei 1986. Saat ini, usianya telah menginjak 36 tahun.

Araki Yusuke memang usianya masih terhitung muda. Namun, kariernya di dunia perwasitan tak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya, jika merujuk pada catatan laman Transfermarkt, Araki Yusuke sudah memimpin pertandingan pertamanya pada usia 20 tahun.

Momen itu terjadi ketika dia bertugas untuk memimpin pertandingan-pertandingan di ajang Japan Football League, alias kompetisi kasta keempat di Liga Jepang.

Sementara itu, debutnya di kompetisi kasta tertinggi sudah tercipta sejak 12 Maret 2016. Pada saat itu, dia mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan J1 League.

Sebagai informasi, lisensi wasit FIFA yang diperoleh Araki Yusuke sudah dikantongi sejak tahun 2017. Itulah sebabnya, ia bisa mendapat penugasan untuk memimpin laga-laga internasional.

Jika melihat rekam jejaknya, Araki Yusuke memang tak hanya bertugas di Jepang saja, tetapi juga dipercaya AFC untuk memimpin laga-laga internasional.

Dia tercatat pernah mengawal laga Piala AFC, Liga Champions Asia, Piala Asia U-17, hingga Piala Asia U-23 2022.

Tak hanya itu saja, dia pernah bertugas di kompetisi Eropa, mulai dari memimpin Fortuna 1 Liga (Polandia), hingga Premier League 2 alias kompetisi tim cadangan Liga Inggris.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak