Lolos ke Final Piala AFF 2022, Vietnam Jadi Satu-satunya Tim yang Belum Kebobolan

Vietnam bikin catatan impresif jadi satu-satunya tim yang belum kebobolan hingga final Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 10 Januari 2023 | 13:43 WIB
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok (kedua kanan) bersitegang dengan pemain Timnas Vietnam usai rekannya dilanggar keras dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok (kedua kanan) bersitegang dengan pemain Timnas Vietnam usai rekannya dilanggar keras dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

Gol.bolatimes.com - Torehan impresif dicatatkan Vietnam di Piala AFF 2022 tepat setelah menyingkirkan timnas Indonesia di semifinal dengan skor 2-0, anak asuh Park Hang-seo masih nir bobol.

Timnas Vietnam di bawah asuhan Park Hang-seo berkesempatan besar melaju ke final Piala AFF 2022 dengan status tim yang masih belum kebobolan.

Bahkan saat menghadapi timnas Indonesia di semifinal, Vietnam sekali lagi menunjukkan ketangguhan sebagai tim kuat ASEAN.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Tak Cukup, Al Nassr akan Datangkan Sergio Busquets

Sukses menahan imbang Indonesia di SUGBK dengan skor 0-0, kemudian menggilas skuad Garuda di Stadion My Dinh dengan skor 2-0.

Dua gol timnas Vietnam dicetak oleh striker andalan, Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan 47', kegagalan ini menambah pilu yang dirasakan para fan.

Meskipun mampu memegang kendali penguasaan bola, namun tak ada satupun tembakan tepat sasaran yang dilakukan para pemain pada leg kedua semifinal.

Baca Juga: 3 Alasan PSSI Harus Pertahankan Shin Tae-yong usai Gagal di Piala AFF 2022

Hasil ini berhasil menambah catatan impresif Vietnam yang ditorehkan sejak fase grup, mulai dari kemenangan 6-0 atas Laos, menang 3-0 atas Malaysia dan imbang 0-0 melawan Singapura.

Torehan menarik Vietnam di fase grup ditutup dengan kemenangan atas Myanmar dengan skor 3-0, catatan ini sebenarnya pernah dibuat oleh Nguyen Quang Hai dkk pada 2020 lalu.

Namun langkah mereka terhenti di babak semifinal usai menelan kekalahan dari Thailand, setelah imbang di leg pertama kemudian terbantai pada leg kedua dengan 0-4.

Baca Juga: Kata-kata Marc Klok usai Timnas Indonesia Gagal Lolos ke Final Piala AFF 2022

Sembari menanti pemenang antara Thailand melawan Malaysia, Park Hang-seo dan skuad Vietnam bisa bersitirahat sambi berleha-leha menanti partai final.

Sementara timnas Indonesia untuk kesekian kali harus membuat kecewa para pendukungnya, seolah tak hentinya membuat rasa lelah untuk mendukung pasukan skuad Garuda.

Baca Juga: Mengulas Ketiadaan Rachmat Irianto saat Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022 hingga Indonesia Kalah 2-0 dari Vietnam

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak