5 Alasan Shin Tae-yong Tetap Dipertahankan meski Gagal Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2022

Berikut dibahas terkait alasan Shin Tae-yong tetap dipertahankan jadi pelatih Timnas Indonesia usai gagal di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 10 Januari 2023 | 18:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (ketiga kanan) beserta para pemain dan staf pelatih menyapa para suporter usai mengalahkan Timnas Kamboja dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). Indonesia menang dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan alasan Shin Tae-yong tetap layak dipertahankan meski dirinya gagal membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tak mampu mengulangi pencapaiannya di edisi sebelumnya setelah gagal lolos ke final Piala AFF 2022, Senin (9/1).

Kepastian ini didapatkan setelah skuad Garuda, julukan Timnas In- donesia, menelan kekalahan di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kemenangan Vietnam Lawan Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Disorot

Di leg kedua yang digelar di Stadion My Dinh itu, anak asuh Shin Tae-yong ini harus menyerah dengan skor 0-2 usai Vietnam mence- tak dua gol lewat Nguyen Tien Linh.

Kekalahan dengan skor 0-2 ini membuat Timnas Indonesia otomatis tersingkir dari Piala AFF 2022 dengan kalah agregat dari Vietnam.

Sebagai informasi, di leg pertama yang berlangsung di Tanah Air, Timnas Indonesia hanya mampu meraih hasil imbang 0-0.

Baca Juga: Rekor Apik Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF Kini Ternodai dengan Kegagalan di Edisi 2022

Kegagalan ke final dan menjuarai Piala AFF 2022 pun lantas mern- buat posisi sang pelatih, Shin Tae-yong, menjadi sorotan banyak pihak.

Ada selentingan kabar bahwa kegagalan di Piala AFF 2022 ini akan mengakhiri perjalanan juru taktik berusia 52 tahun itu bersama skuad Garuda.

Apalagi jika mengingat kontrak eks pelatih Timnas Korea Selatan ini bersama Timnas Indonesia akan habis pada Desember 2023 menda- tang

Baca Juga: Usai Cristiano Ronaldo, Al Nassr Mulai Lirik Sergio Busquets dengan Gaji Fantastis

Terlepas dari situasi kontraknya dan kegagalannya di Piala AFF 2022 ini, ada beberapa alasan mengapa Shin Tae-yong tetap layak diper- tahankan sebagai juru taktik Timnas Indonesia.

Apa saja alasan itu?

Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

 

Baca Juga: Suporter Vietnam Bentangkan Banner Skor 2-0 di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022, Netizen Curiga Juara Sudah Dirancang

1. Tengah Berproses

Saat ini, Timnas Indonesia tengah dalam proses membangun skuad masa depan bersama Shin Tae-yong. Hal ini pun dibuktikannya dengan banyak pemain muda yang dipanggil.

Proses ini pun membutuhkan waktu panjang agar bisa menuai hasil maksimal di kemudian hari. Sehingga, Shin Tae-yong pun layak dipertahankan agar bisa melanjutkan proses yang telah berjalan ini.

2. Tugas Bergengsi di 2023

Shin Tae-yong pun masih tetap dan harus dipertahankan karena dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan berpartisipasi di tiga ajang bergengsi, yakni Piala Dunia U-20 2023, Piala Asia U-20 2023, dan Piala Asia 2023.

Dengan waktu yang tak banyak, sulit bagi pelatih baru untuk mengimplementasikan idenya ke Timnas Indonesia. Karenanya, mempertahankan Shin Tae-yong adalah pilihan terbaik.

3. Hubungan baik dengan Pihak di Timnas Indonesia

Chemistry tak hanya dibutuhkan di atas lapangan juga, melainkan juga di luar lapangan. Untuk poin ini, Shin Tae-yong punya nilai plus.

Pasalnya, Shin Tae-yong terbilang akrab dengan para pemain dan juga beberapa pihak di federasi. Sehingga, mempertahankannya adalah jalan terbaik untuk menjaga situasi kondusif di dalam tim.

4. Timnas Indonesia Berkembang

Di bawah arahan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengalami perkembangan pesat dari segi teknis maupun non teknis, kendati tak pernah meraih gelar juara.

Perkembangan ini terlihat dari banyaknya catatan positif Timnas Indonesia, seperti lolos Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007 dan juga menampilkan gaya permainan yang cantik.

5. Berani

Timnas Indonesia jarang memiliki pelatih yang berani mengambil risiko, terutama dalam memainkan pemain muda di laga-laga internasional.

Shin Tae-yong pun membuktikan bahwa dirinya berani mengambil risiko dan kerap mengandalkan pemain muda dengan maksud agar bisa menjadi tumpuan bagi Timnas Indonesia di masa depan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak