Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Penampilannya Menurun di Piala AFF 2022, Ada Egy hingga Witan

Setidaknya ada lima pemain Timnas Indonesia yang tampil loyo sepanjang Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 10 Januari 2023 | 18:30 WIB
Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan di laga Timnas Indonesia vs Kamboja. (dok.PSSI)

Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan di laga Timnas Indonesia vs Kamboja. (dok.PSSI)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang tampil di bawah performa biasanya sepanjang perhelatan Piala AFF 2022 ini.

Timnas Indonesia harus mengakhiri kampanyenya di Piala AFF 2022 usai disingkirkan di babak semifinal oleh Vietnam dengan agregat 0-2.

Usai bermain imbang di leg pertama, Jumat (6/1), skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, takluk di laga kedua dari Vietnam dengan skor 0-2, Senin (9/1).

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kemenangan Vietnam Lawan Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Disorot

Di leg kedua yang berlangsung di markas lawan ini, Timnas Indonesia harus tumbang usai gawangnya dijebol dua kali oleh Nguyen Tien Linh di menit ke-3 dan menit ke-47.

Kekalahan di leg kedua tersebut pun membuat langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini sepenuhnya terhenti.

Tak ayal, hasil ini menjadi catatan minor bagi anak asuh Shin Tae-yong. Apalagi jika mengingat di edisi sebelumnya, Timnas Indonesia mampu menembus final dan menjadi Runner Up.

Baca Juga: Rekor Apik Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF Kini Ternodai dengan Kegagalan di Edisi 2022

Kegagalan di Piala AFF 2022 ini tak lepas dari menurunnya performa para penggawa Timnas Indonesia jika dibandingkan penampilannya di edisi 2020 lalu.

Kira-kira, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang performanya menurun sehingga tampil kurang oke di Piala AFF 2022 ini? Berikut daftarnya.

1. Egy Maulana Vikri

Baca Juga: Usai Cristiano Ronaldo, Al Nassr Mulai Lirik Sergio Busquets dengan Gaji Fantastis

Egy Maulana Vikri menjadi pemain Timnas Indonesia yang paling disorot karena performanya yang menurun drastis di Piala AFF 2022 ini.

Kendati mampu melesakkan dua gol, Egy dianggap kerap membuang-buang peluang dan juga bermain egois, sehingga merusak permainan skuad Garuda.

2. Ricky Kambuaya

Baca Juga: Suporter Vietnam Bentangkan Banner Skor 2-0 di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022, Netizen Curiga Juara Sudah Dirancang

Di Piala AFF 2020 lalu, nama Ricky Kambuaya melejit karena penampilan dan performanya yang membuat lini tengah Timnas Indonesia hidup.

Namun di Piala AFF 2022 ini, performanya mengalami penurunan sehingga Shin Tae-yong kerap mencadangkannya. Ketika dimasukkan pun, Ricky Kambuaya juga bermain buruk karena terlihat egois.

3. Asnawi Mangkualam

Di Piala AFF 2020 lalu, Asnawi Mangkualam menjadi tembok kokoh di pertahanan Timnas Indonesia. Tak cukup sampai di situ, ia juga andal dalam menyerang dan rajin membuat assist.

Tapi di Piala AFF 2022 ini, penampilan enerjik Asnawi tak terlihat sama sekali. Malahan ia banyak membuat kesalahan seperti di laga kontra Thailand dan juga banyak salah memberikan operan di leg kedua kontra Vietnam.

4. Pratama Arhan

Duet Asnawi di pos bek atau Wing Back kiri, Pratama Arhan, juga tampil apik sepanjang Piala AFF 2020 lalu dan mampu menyabet gelar pemain terbaik turnamen.

Namun performa apik di edisi sebelumnya justru tak terlihat di Piala AFF 2022 ini. Bahkan netizen mengatakan bahwa Pratama Arhan hanya andal dalam lemparan ke dalam saja. Sedangkan secara permainan, performanya tak begitu meyakinkan.

5. Muhammad Rafli

Berbeda dengan para pemain di daftar ini yang pernah tampil di Piala AFF 2020, Muhammad Rafli tak tampil di edisi sebelumnya. Tapi di edisi 2022 ini ia tampil tak meyakinkan sama sekali.

Usai tampil apik di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, penyerang Arema FC ini malah Underperformed di Piala AFF 2022 ini sehingga menuai kecaman netizen yang menyebutnya tak berbuat banyak ketika dimainkan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak