'Mental Pemain Diuji saat Semua Orang Menghujat Timnas' Asisten Shin Tae-yong Buka Suara usai Gagal di Piala AFF 2022

Nova Arianto kirimkan pesan menyentuh.

Arif Budi Setyanto | BolaTimes.com
Rabu, 11 Januari 2023 | 08:03 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kiri) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kiri) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Gol.bolatimes.com - Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto menyampaikan pesan menyentuh usai timnas Indonesia kembali gagal meraih juara Piala AFF 2022 usai tersingkir di babak semifinal.

Timnas Indonesia harus mengubur mimpinya untuk meraih juara pertama kali di ajang Piala AFF. Langkah skuad Garuda terhenti di semifinal usai kalah 0-2 atas Vietnam.

Setelah kekalahan itu, Nova Arianto menyampaikan pesan menyentuh via Instagram pribadinya. Ia mengakui bahwa hasilnya memang tidak sesuai harapan dan ekspektasi karena tim Merah Putih memang mengincar juara.

Baca Juga: Komentar Tak Terduga Alexandre Polking usai Thailand ke Final Piala AFF 2022

"Hasil yang pastinya tidak sesuai harapan dan ekspetasi kita semua yang berharap tahun ini timnas bisa menjadi juara AFF. Pastinya semua pemain sudah bekerja keras tapi kita semua tahu terkadang kita bisa bermain di top level kita, tetapi kita juga bisa under perform dari setiap penampiln pemain," tulisnya di keterangan postingan.

Lebih lanjut, Nova Arianto mengakui bahwa timnas Indonesia tidak bermain di level terbaiknya dalam Piala AFF 2022 kali ini. Ia pun memberikan petuah untuk para pemain karena mental mereka bakal diuji di tengah kegagalan ini.

"Memang banyak yg disesali tetapi jangan pernah kita mencari alasan atas hasil yang didapat. Disinilah mental pemain diuji di saat semua orang mungkin menghujat timnas bagaimana cara pemain untuk keluar dari situasi yang ada saat ini untuk lebih kuat," tegasnya.

Baca Juga: Malaysia Dipecundangi Thailand, Kim Pan-gon Beri Respons Berkelas

Nova Arianto pun kembali menegaskan agar pemain tidak menyerah. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih ke penggawa skuad Garuda yang bekerja keras serta untuk suporter yang selalu memberikan dukungan.

Sementara itu, kini Piala AFF 2022 tinggal tersisa babak final. Vietnam yang mengalahkan timnas Indonesia akan berjumpa Thailand.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Duel Sengit Vietnam vs Thailand di Babak Final

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak