Siap Guncangkan Piala Asia 2023, 5 Pemain Naturalisasi Ini Bisa Jadi Tambahan Kekuatan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan mendapat tambahan kekuatan dari lima pemain naturalisasi sebagai persiapan tampil di Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 11 Januari 2023 | 14:30 WIB
Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Skuad Timnas Indonesia sebelum menghadapi Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). Indonesia berhasil menang 2-1 atas Filipina (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj)

Gol.bolatimes.com - Berikut lima pemain naturalisasi yang bisa menjadi tambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia saat bertarung di ajang bergengsi Piala Asia 2023.

Usai mengalami kegagalan di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan beristirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk melakoni agenda akbar lainnya, yakni Piala Asia 2023.

Ajang empat tahunan terakbar di sepak bola Asia ini sendiri rencananya akan digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023 di Qatar.

Baca Juga: Update Ranking FIFA Negara ASEAN: Timnas Indonesia Tak Beranjak, Malaysia Meroket Tajam

Ajang ini pun akan menjadi panggung pertama Timnas Indonesia di Asia sejak terakhir kali berpartisipasi pada tahun 2007 silam saat menjadi tuan rumah.

Menghadapi ajang sekelas Piala Asia 2023, Timnas Indonesia pun harus mempersiapkan diri jauh lebih matang ketimbang Piala AFF 2022.

Maklum saja, persiapan jauh lebih matang ini harus dilakukan mengingat level Piala Asia 2023 yang lebih mumpuni dan akan diikuti oleh negara-negara top benua kuning lainnya.

Baca Juga: Bawa Vietnam Lolos ke Final Piala AFF 2022, Park Hang-seo Ogah Jumawa

Persiapan yang dilakukan pun tak hanya soal mental dan fisik, melainkan juga strategi yang berkaitan dengan pemilihan pemain.

Berkaca pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tampaknya harus menambah kekuatan di skuadnya dengan tambahan pemain naturalisasi.

Apalagi jika melihat penampilan para pemain naturalisasi sepanjang Piala AFF 2022 ini yang jauh lebih baik ketimbang para pemain lokal.

Baca Juga: Football Institute: Bursa Calon Ketum PSSI Mengerucut ke Erick Thohir, Waketumnya Mesti Tokcer

Setidaknya ada lima tambahan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia yang berpotensi ikut serta dan mengguncangkan Piala AFF 2022.

Siapa saja pemain naturalisasi itu?

1. Shayne Pattynama

Baca Juga: Move On dari Kekalahan Timnas Indonesia, Marc Klok Semangati Persib Bandung

Shayne Pattynama. (Dok. PSSI)
Shayne Pattynama. (Dok. PSSI)

 

Usai gagal dinaturalisasi tepat waktu sehingga absen Piala AFF 2022, Shayne Pattynama dipastikan bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Pasalnya, bek milik klub Norwegia, Viking FK, ini tengah memasuki tahap akhir untuk proses naturalisasinya, setelah mendapat pengesahan dari Preisiden Republik Indonesia.

2. Sandy Walsh

Meski telah resmi menjadi WNI, Sandy Walsh tak bisa berpartisipasi di Piala AFF 2022 karena harus membela klubnya, KV Mechelen, di Belgia.

Walaupun harus absen di Piala AFF 2022, Sandy Walsh dipastikan bisa berpartisipasi di Piala Asia 2023 nanti, mengingat ajang ini digelar saat kompetisi di Eropa tengah memasuki masa istirahat.

3. Justin Hubner

Aksi Justin Hubner membela timnas Indonesia U-20 lawan Malaga U-19. (Instagram/justinhubner5)
Aksi Justin Hubner membela timnas Indonesia U-20 lawan Malaga U-19. (Instagram/justinhubner5)

 

Penampilan apik Jordi Amat di Piala AFF 2022 lalu membuat pendukung Timnas Indonesia berharap Justin Hubner bisa promosi ke tim senior dan menjadi tandemnya bersama Elkan Baggott.

Peluang ini terbuka cukup lebar mengingat Justin Hubner punya penampilan apik bersama Timnas Indonesia U-20. Andai dirinya tampil apik di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023, peluangnya untuk promosi pun terbuka lebar.

4. Ivar Jenner

Pendukung Timnas Indonesia banyak yang berharap Marc Klok punya tandem di lini tengah untuk mengalirkan bola. Hal ini membuat Ivar Jenner juga berpotensi promosi bersama Justin Hubner.

Ivar Jenner dianggap salah satu pemain naturalisasi terbaik karena kemampuannya dan ketenangannya dalam menguasai lapangan tengah. Karenanya, ia bisa menjadi tandem Marc Klok di jantung permainan Timnas Indonesia.

5. Rafael Struick

Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia U-20. (Dok. PSSI)
Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia U-20. (Dok. PSSI)

 

Tumpulnya lini depan Timnas Indonesia bisa saja membuat Shin Tae-yong memberikan tempat kepada Rafael Struick pada Piala Asia 2023 nanti.

Tentu Shin Tae-yong akan menilai performanya terlebih dulu di Piala Asia U-20 2023 dan juga Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak