Profil KV Kortrijk, Klub yang Dijebol Sandy Walsh, Ternyata Diperkuat Striker Timnas Malaysia

Sandy Walsh menjadi pahlawan kemenangan timnya berkat gol di masa injury time

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 12 Januari 2023 | 16:00 WIB
Sandy Walsh cetak gol kemenangan bagi KV Mechelen di Piala Belgia (kvmechelen.be)

Sandy Walsh cetak gol kemenangan bagi KV Mechelen di Piala Belgia (kvmechelen.be)

Gol.bolatimes.com - Performa pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh, bersama timnya KV Mechelen, menuai apresiasi setelah mampu mencetak gol ke gawang KV Kortrijk, pada lanjutan Piala Belgia 2022/2023.

Gol yang dicetak Sandy Walsh ke gawang KV Kortrijk ini tercipta ketika berduel di Stadion Guldenspor, Rabu (11/1/2023). Satu-satunya gol itu membawa KV Mechelen menang tipis dengan skor 1-0.

Sandy Walsh sukses melesakkan bola ke gawang lawan saat memanfaatkan umpan dari Geoffrey Hairemans. Gol itu menjadi penentu kemenangan klub berjuluk Malinwa atas KV Kortrijk.

Pemain yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia ini pun merasa bangga dengan golnya tersebut. Sebab, ia ikut membantu KV Mechelen melaju ke semifinal Piala Belgia 2022/2023

"Senang bisa mencetak gol kemenangan di menit terakhir. Permainan kami pada hari Minggu benar-benar tidak bagus dan itulah mengapa saya sangat senang kami bisa mendapatkan tempat di semifinal," ungkapnya dikutip dari laman resmi klub.

"Segalanya masih mungkin dengan pertandingan kandang dan tandang di semifinal, meski kompetisi juga tetap penting karena pertandingan lain menanti di hari Sabtu," tambahnya.

Profil KV Kortrijk

Koninklijke Voetbalclub (KV) Kortrijk merupakan klub sepak bola asal Belgia yang berbasis di Kota Kortrijk, West Flanders. Klub ini berkompetisi di Belgian First Division alias kompetisi kasta tertinggi di Liga Belgia.

Awalnya, asal muasal KV Kortrijk ini tak terlepas dari sebuah klub yang bernama SC Courtraisien yang dibentuk pada 1901. Lalu, klub ini merger dengan FC Courtraisien pada 1918.

Mereka pun akhirnya diterima pada 1951 dengan nama Koninklijke Kortrijk Sport pada 1951. Akhirnya, klub ini merger lagi dengan Stade Kortrijk pada 1971.

Salah satu titik terendah dari KV Kortrijk ialah mengalami kebangkrutan hingga membuatnya terdegradasi ke kasta ketiga pada 2001.

Dari 2004-2008, KV Kortrijk bermain di divisi kedua. Namun, pada 2007/2008, mereka sempat promosi ke kasta tertinggi. 

Selama kiprahnya di Belgia, sudah ada sederet gelar yang sukses diraih oleh klub yang memiliki warna kebesaran merah dan putih ini.

Di ajang Belgian Cup, mereka pernah meraih runner-up pada 2011/2012. Lalu, ada dua gelar Belgian Second Division yang diraih pada 1905/1906 dan 2007/2008.

Pada 12 Mei 2015, KV Kortrijk akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha kaya raya dari Malaysia, yakni Vincent Tan, seharga lima juta euro.

Karena keberadaan Vincent Tan itulah, KV Kortrijk sempat mendatangkan seorang penyerang muda asal Malaysia, yakni Luqman Hakim Shamsudin.

Proses transfer ini terjadi pada 20 September 2019. Ketika itu, Luqman masih berusia 18 tahun, Sebelumnya, namanya sempat melejit karena menjadi pencetak gol terbanyak Piala Asia U-16 2018.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak