5 Pemain Naturalisasi Datang, Ini Penggawa Timnas Indonesia yang Diprediksi Tersingkir dari Skuat Piala Asia 2023

Berikut pemain Timnas Indonesia yang diprediksi tersingkir seiring datangkan 5 pemain naturalisasi di Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 12 Januari 2023 | 18:00 WIB
Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram/PSSI)

Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram/PSSI)

Gol.bolatimes.com - Total ada lima pemain Timnas Indonesia yang diyakini akan tersingkir dari skuat untuk Piala Asia 2023 seiring hadirnya para pemain naturalisasi. Siapa saja pemain tersebut?

Usai gagal total di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan mengalihkan fokusnya untuk mempersiapkan diri tampil di ajang Piala Asia 2023.

Anak asuh Shin Tae-yong akan berkiprah di Piala Asia 2023 medio Juni mendatang, yang akan menjadi kesertaan pertama Timnas Indonesia sejak terakhir kali berpartisipasi pada 2007 silam.

Baca Juga: Bawa-bawa Park Hang-seo, Komentar Kapten Vietnam Jelang Final Piala AFF 2022

Dalam persiapannya di ajang bergengsi se Asia ini, Shin Tae-yong tentu akan mengandalkan para pemain naturalisasi yang akan diproyeksikan masuk ke dalam skuad.

Total ada lima pemain naturalisasi yang diprediksi akan menjadi andalan di ajang ini, yakni Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Dari kelima nama tersebut, nama terakhir belum sepenuhnya menjadi WNI. Akan tetapi, proses naturalisasinya hampir rampung seiring adanya restu dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga: Usai Klubnya Kalah dari Persib Bandung, Eks Kiper Timnas Indonesia Beri Kabar Baik

Jika lima pemain naturalisasi ini datang dan dimasukkan ke dalam skuat untuk Piala Asia 2023, maka otomatis kehadiran kelimanya akan menggusur sederet pemain lainnya.

Kira-kira, siapa saja pemain yang diprediksi akan tersingkir karena kehadiran lima pemain naturalisasi ini? Berikut daftarnya.

1. Pratama Arhan

Baca Juga: Congkaknya Park Hang-seo Jelang Final Piala AFF 2022, Pamer Cuma Kalah Sekali Lawan Tim ASEAN

Nama Pratama Arhan selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia untuk mengisi pos bek kiri tim Merah Putih.

Namun performanya yang melempem di Piala AFF 2022 membuatnya bisa saja tergusur dengan kehadiran Shayne Pattynama yang punya pengalaman mentereng bersama klub Norwegia, Viking FK.

2. Rizky Ridho

Baca Juga: Hasil Malaysia Open 2023: Dibungkam Wakil Jepang, Jonatan Christie Gugur

Rizky Ridho juga menjadi salah satu pemain yang jadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia. Tapi hadirnya Elkan Baggott dan Justin Hubner akan membuat posisinya tergusur.

Apalagi jika menimbang permainan Rizky Ridho yang mengalami penurunan performa di Piala AFF 2022 ini. Puncaknya, ia menjadi aktor kekalahan Timnas Indonesia di leg kedua semifinal kontra Vietnam.

3. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi salah satu pemain yang performanya menurun jelang bergulirnya Piala Asia 2023 di pertengahan tahun ini.

Beruntung Timnas Indonesia punya sosok Ivar Jenner yang bisa menjadi tandem bagi Marc Klok dengan ketenangannya mengatur permainan dan melepaskan operan untuk lini serang.

4. Dendy Sulistyawan

Dendy Sulistyawan mampu tampil apik di Piala AFF 2022 dengan mencetak dua gol saat dimainkan menjadi ujung tombak. Tapi, peran ini tak akan bertahan lama baginya, mengingat ada sosok Dimas Drajad.

Selain adanya sosok Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan juga harus menerima kenyataan jika posisinya digusur oleh Rafael Struick yang bakal digembleng untuk menjadi penyerang Timnas Indonesia masa depan.

5. Asnawi Mangkualam

Shin Tae-yong selalu mengandalkan sosok Asnawi Mangkualam dan juga mempercayakan posisi bek atau Wing Back kanan kepadanya.

Tapi, performa Sandy Walsh yang mumpuni di kasta teratas Belgia bersama KV Mechelen membuat posisi Asnawi bisa saja tergusur di Piala Asia 2023 nanti.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak