Tendangan Keras Vu Van Thanh Jadi Penyelamat Vietnam, Thailand Ditahan Imbang 2-2 di Final Piala AFF Leg Pertama

Thailand selanjutnya menjamu Vietnam di Stadion Thammasat, 16 Januari 2023.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Jum'at, 13 Januari 2023 | 21:56 WIB
Kapten Timnas Thailand, Teerathon Bunmathan berebut bola dengan pemain Vietnam pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023). (Twitter/@Changsuek_TH)

Kapten Timnas Thailand, Teerathon Bunmathan berebut bola dengan pemain Vietnam pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023). (Twitter/@Changsuek_TH)

Gol.bolatimes.com - Pertandingan Vietnam vs Thailand di leg pertama Final Piala AFF 2022 berakhir imbang. Vietnam yang nyaris kalah saat menjamu Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1/2023) berhasil menyamakan kedudukan 2-2 lewat tendangan keras Vu Van Thanh.

Empat gol yang tercipta dibuat oleh Nguyen Tien Linh (24') dan Vu Van Thanh (88') dari kubu Vietnam. Sementara dari kubu Thailand, Poramet Arjvirai (48') dan Peeradon Chamratsamee (63').

Jalannya pertandingan

Baca Juga: Jelang Vietnam vs Thailand, Ada Wakil Indonesia yang Terlibat dalam Leg Pertama Final Piala AFF 2022

Sejak peluit babak pertama berbunyi, kedua tim bermain dengan tempo pelan tapi dengan serangan cepat.

Vietnam lebih dulu mengancam lewat Pham Tuan Hai namun tendangannya masih melenceng ke sisi gawang Kampon Phatomakkakul di menit ke-9.

Tiga menit berselang Thailand balik mengancam lewat sepakan keras Adisak Kraisorn yang masih dapat ditepis Dang Van Lam.

Baca Juga: Ogah Pakai Strategi Parkir Bus, Thailand bakal Tampil Menyerang Kalahkan Vietnam di Laga Tandang

Pada menit ke-24, Vietnam akhirnya mampu memimpin lebih dulu. Berawal dari umpan silang Que Ngoc Hai, Nguyen Tien Linh yang muncul dari belakang bek Thailand dan menyambut bola dengan sundulannya tanpa mampu dihalau kiper Kampon Phatomakkakul. Kedudukan berubah 1-0 untuk Vietnam.

Sementara Thailand mencoba mengejar ketertinggalannya lewat sepakana Peeradol Chamrasamee namun masih dapat ditepis Dang Van Lam di menit ke-36. Wasit Ko Hyung-jin dari Korea Selatan sempat memberi kartu kuning buat Que Ngoc Hai.

Thailand nyaris saja membuat gol spektakuler Sedangkan tendangan bebas pada menit 42 yang dieksekusi oleh Teerathon Bunmathan masih menghantam mistar gawang tuan rumah. Hingga turun minum Vietnam masih tetap memimpin 1-0.

Baca Juga: Media Vietnam Soroti Sikap Angkuh Theerathon Bunmathan Jelang Final Piala AFF 2022

Masuk di babak kedua, Thailand langsung menekan dan Poramet Arjvirai langsung menjebol gawang Vietnam lewat sepakan kaki kanannya setelah mendapatkan umpan lambung dari belakang. Skor menjadi sama 1-1.

Di menit ke-63, Thailand balik memimpin 2-1 setelah Peeradol Chamrasame sukses menjebol gawang Vietnam lewat tembakannya setelah menyelesaikan umpan terobosan Theerathon Bunmathan.

Setelah mendapatkan banyak tekanan Vietnam akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-88. Gol dicetak oleh Vu Van Thahn lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Thailand masih sempat memiliki peluang emas namun skor 2-2 tetap tidak berubah hingga akhir laga.

Bermain imbang dijamu Vietnam, selanjutnya Thailand yang akan menjamu Vietnam pada laga penentuan di leg kedua final Piala AFF 2022 yang akan digelar di Stadion Thammasat, Senin (16/1/2023) malam WIB.

Susunan pemain Vietnam vs Thailand:

Vietnam (5-3-2)

Dang Van Lam; Doan Van Hau, Do Duy Manh, Ho Tan Tai, Quq Ngoc Hai, Bui Tien Dung; Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai.

Thailand (4-5-1)

Kampon Phatomakkakul; Kritsada Kaman, Suphanan Bureerat, Sasalak Haiprakhon, Pansa Hemviboon; Poramet Arjvirai, Theerathon Bunmathan, Peeradol Chamrasamee, Sarach Yooyen, Weerathep Pomphan; Adisak Kraisorn.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak