3 Pensiunan Jenderal yang Berpotensi Jadi Saingan Kuat La Nyalla Gantikan Ibul sebagai Ketum PSSI

Sejumlah pensiunan Jenderal berpotensi menjadi ketua umum PSSI bersaing dengan La Nyalla.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:36 WIB
La Nyalla Mattalitti daftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

La Nyalla Mattalitti daftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Gol.bolatimes.com - Jabatan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (Ibul) akan segara berakhir. Pada Februari 2023, PSSI akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) dan salah satu agendanya soal pemilihan ketua umum yang baru. 

Hingga saat ini, Ibul belum berbicara terbuka apakah ia akan kembali mencalonkan diri atau tidak. Belakangan malah, eks ketum PSSI, La Nyalla secara terbuka resmi menjadi kandidat untuk gantikan Ibul. 

Ibul ialah pensiunan jenderal bintang tiga di institusi kepolisian yang meneruskan tongkat estafet kepemipinan PSSI dari Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi. 

Baca Juga: 5 Pejabat Negara yang Bisa Bersaing dengan La Nyalla untuk Jadi Ketum PSSI, Ada Nama Mahfud MD

Ibul dan Edy Rahmayadi bukan orang pertama dari kalangan militer yang pernah menjadi ketum PSSI. Sebelum mereka ada nama Maulwi Saelan, Ali Sadikin, dan Agum Gumelar. 

Lantas untuk saat ini, kira-kira siapa pensiunan jenderal yang memiliki potensi untuk jadi saingan La Nyalla? Berikut ulasannya: 

Jenderal (Purn) Andika Perkasa

Baca Juga: La Nyalla Mattalitti Ungkap Alasan Calonkan Diri sebagai Ketum PSSI Periode 2023-2027

Nama pertama ialah Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Meski Andika Perkasa saat ini lebih digadang-gadang sebagai calon presiden (Capres), namun ia juga memiliki potensi besar untuk jadi ketum PSSI. 

Seperti yang kita ketahui, mantan Panglima TNI itu merupakan sosok gemar olahraga. Memiliki badan kekar bak binaragawan, Andika Perkasa sangat rajin berolahraga. 

Di luar kecintaannya pada olahraga, Andika Perkasa memiliki modal sangat kuat untuk menjadi ketum PSSI. Andika Perkasa beberapa waktu lalu juga sempat memberikan pernyataan keras terkait prajurit TNI yang terekam menendang Aremania saat pecah tragedi Kanjuruhan. 

Baca Juga: Breaking News! La Nyalla Mattalitti Resmi Calonkan Diri sebagai Ketum PSSI

Mayjen (Purn) Leo Siegers

Selanjutnya ada nama Mayjen (Purn) Leo Siegers. Ia saat ini tercatat menjadi staf khusus Ketum PSSI Iwan Bule. Leo ialah mantan Pangdam I Bukit Barisan pada Mei 2010 hingga September 2011. 

Pria lulusan Akmil 1978 ini ternyata juga pernah menjadi pesepak bola. Ia diketahui sempat menjadi pemain di PSM Makassar. 

Baca Juga: Proses Pemilihan Exco dan Ketum PSSI akan Ditangani Kesekjenan Sampai Ada KP-KBP

"Keluarga saya juga suka sepak bola, dan saya pernah menjadi pemain PSM Makassar bersama adik saya Hengky Siegers di era 1970 an. Bahkan ia sempat menjadi pemain Timnas Indonesia era 80'an" kata Leo Siegers seperti dikutip dari laman resmi PSSI. 

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Nama terakhir ialah Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Ia memiliki rekam jejak di dunia olahraga Indonesia. Gatot sempat menjabat sebagai ketua umum PB Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki). 

Gatot juga diketahui menjadi pembina utama dari klub BRI Liga 1, Tira Persikabo. Saat masih menjadi Panglima TNI, Gatot pada 2017 sempat bertemu dengan eks Presiden Barcelona, Joan Laporta dan juga pemilik Valencia, Peter Lim. 

Gatot dilahirkan di Tegal, Jawa Tengah. Orang tuanya berasal dari tanah Banyumas. Ayahnya, Suwantyo merupakan seorang purnawirawan infanteri TNI dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel dan pernah menjadi anak buah dari Gatot Soebroto dalam Laskar Kemerdekaan di Banyumas. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak