3 Calon Sekjen yang Bisa Dipilih Erick Thohir Andai Jadi Ketua Umum PSSI

Tiga nama ini layak dipertimbangkan Erick Thohir.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 15 Januari 2023 | 19:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pernyataan kepada pewarta usai mendaftarkan diri menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pernyataan kepada pewarta usai mendaftarkan diri menjadi bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com -  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, harus mempertimbangkan sejumlah nama yang layak menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI jika nantinya ia terpilih sebagai Ketua Umum.

Jika dibandingkan dengan kandidat lainnya seperti La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir memang digadang-gadang bakal melaju mulus mendapatkan kursi Ketua Umum PSSI.

Saat nantinya sudah resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Erick Thohir juga harus segera mencari sosok Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang tepat.

Pasalnya, Sekjen PSSI adalah posisi strategis yang sangat penting dalam mengeksekusi program-program federasi dalam menjalankan roda organisasi. Posisi ini memang selayaknya dijabat oleh orang-orang yang profesional dalam bidangnya.

Berikut tiga calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang bisa dipilih oleh Erick Thohir apabila menang pemilihan Ketua Umum PSSI.

1. Azrul Ananda

Azrul Ananda resmi mundur dari Presiden klub Surabaya (Youtube/Persebaya Official)
Azrul Ananda resmi mundur dari Presiden klub Surabaya (Youtube/Persebaya Official)

Azrul Ananda merupakan salah satu sosok yang dinilai layak untuk mengemban amanah sebagai Sekjen PSSI di era kepemimpinan Erick Thohir.

Pasalnya, Azrul memiliki rekam jejak yang cukup mentereng di dunia sepak bola. Setelah sempat meninggalkan Jawa Pos, Azrul sempat menggelar DetEksi Basketball league (DBL) yang cukup sukses.

Dia juga sukses menjadi pengelola Persebaya Surabaya sampai saat ini. Di tangan Azrul, Persebaya sukses kembali ke kasta tertinggi seusai menjuarai kompetisi Liga 2 pada 2017 silam.

2. Tommy Welly

Bung Towel. (YouTube/Gocek Bung Towel)
Bung Towel. (YouTube/Gocek Bung Towel)

Selanjutnya, ada nama Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel. Mantan jurnalis sepak bola ini juga disebut-sebut layak untuk menjabat sebagai Sekjen PSSI.

Sebelumnya, Bung Towel memang pernah menduduki sejumlah jabatan di federasi. Pada 2012-2016, Towel sempat menjadi Direktur Pengembangan Sepak Bola dan Direktur Kompetisi PSSI.

Dia juga sempat menjadi Angggota Ad-Hoc Reform Committee PSS-FIFA, AFC Coach Education Course (Technical Direktor/Instructor, dan Technical Study Group (TSG).

Rekam jejaknya yang selama ini kritis yang membuatnya layak untuk diberikan mandat mengelola sepak bola Indonesia.

3. Ahmad Syauqi Suratno

Calon Sekjen PSSI lainnya yang bisa dipertimbangkan oleh Erick Thohir apabila menjadi Ketua Umum ialah Ahmad Syauqi Suratno.

Lelaki yang kini menjabat sebagai Ketua Asprov DIY itu memang bukanlah orang baru dalam dunia sepak bola. Sebelumnya ia pernah bekerja di Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) hingga 2014.

Sebagai informasi, tugasnya ketika itu ialah menjadi operator kompetisi sepak bola di tingkat amatir, mulai dari Divisi Satu, Divisi Dua, Divisi Tiga dan Piala Soeratin.

Sebetulnya, Syauqi sempat mengajukan diri sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) pada KLB PSSI 2019 lalu, tetapi gagal terpilih.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak