Sarach Yooyen 4 Kali Rasakan Juara Piala AFF, Timnas Indonesia Belum dari Era Boaz Solossa hingga Egy Maulana Vikri

Timnas Indonesia sudah beda generasi, juaranya tetap Sarach Yooyen bersama Timnas Thailand

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 17 Januari 2023 | 11:14 WIB
Selebrasi gelandang Timnas Thailand, Sarach Yooyen, usai menjebol gawang Timnas Indonesia. (Facebook/Changsuek)

Selebrasi gelandang Timnas Thailand, Sarach Yooyen, usai menjebol gawang Timnas Indonesia. (Facebook/Changsuek)

Gol.bolatimes.com - Gelandang andalan Timnas Thailand, Sarach Yooyen, menjadi salah satu nama pemain yang sukses mencatatkan sejarah luar biasa setelah membantu timnya meraih gelar juara Piala AFF 2022.

Sebab, kini Sarach Yooyen mengukuhkan namanya sebagai pemain yang sukses meraih empat gelar juara bersama Timnas Thailand di Piala AFF 2022.

Gelandang berusia 30 tahun ini tentunya merasakan empat gelar juara Piala AFF itu ketika berusia muda hingga memasuki level senior, setidaknya dalam rentang waktu delapan tahun.

Sebab, ia sudah menjadi bagian dari skuad Gajah Perang yang sukses merengkuh gelar Piala AFF edisi 2014. Ketika itu, usianya baru menginjak 22 tahun.

Pada partai final Piala AFF 2014, Sarach Yooyen dan kawan-kawan sukses menumbangkan Malaysia di partai final dengan agregat 4-3. 

Pada edisi berikutnya, Sarach Yooyen juga berhasil mengantarkan Timnas Thailand naik ke podium juara setelah menumbangkan Timnas Indonesia di partai final.

Pada final Piala AFF 2016 itu, Thailand sukses menumbangkan Boaz Solossa dan kawan-kawan dengan agregat 3-2, setelah sebelumnya bermain 1-2 di leg pertama dan 2-0 di leg kedua.

Timnas Thailand memang gagal meraih juara pada edisi 2018, tetapi mereka kembali membuktikan kehebatannya pada edisi dua tahun berikutnya.

Sebab, anak asuh Alexandre Polking berhasil merebut gelar juara setelah menjegal Timnas Indonesia dengan agregat yang cukup telak, yakni 2-6 di partai final yang berlangsung di Singapura.

Pada leg pertama saja, Sarach Yooyen dan kawan-kawan tampil superior dengan kemenangan 4-0, kemudian hanya bermain imbang 2-2 pada leg kedua.

Pada Piala AFF 2022, Timnas Thailand untuk sekali lagi sukses mengukuhkan dominasinya di kawasan Asia Tenggara setelah sukses kembali meraih gelar juara.

Kali ini, korban yang harus merasakan keganasan Thailand ialah Vietnam. Pada partai final, Sarach Yooyen dan kolega berhasil menang dengan agregat 3-2.

Pada pertandingan leg pertama final yang berlangsung di markas Vietnam, mereka menang 2-2. Namun, pada leg kedua mereka sukses menang tipis dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Theerathon Bunmathan.

Dengan demikian, Sarach Yooyen menjadi salah satu nama pemain yang istimewa karena berhasil empat kali meraih gelar juara Piala AFF, mulai dari Timnas Indonesia di era Boaz Solossa hingga kini diperkuat Egy Maulana Vikri.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak