Profil Arif Wicaksono, Pebisnis Handal yang Calonkan Diri Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027

Arif Wicaksono merupakan seorang pebisnis. Dia juga berstatus sebagai CEO Nine Sport, perusahaan yang bergerak sebagai promotor event olahraga

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 17 Januari 2023 | 17:00 WIB
CEO Nine Sport, Arif Wicaksono. (Instagram/@ninesportinc)

CEO Nine Sport, Arif Wicaksono. (Instagram/@ninesportinc)

Gol.bolatimes.com - Arif Wicaksono kembali meramaikan bursa calon Ketua Umum PSSI. Kali ini ia maju untuk periode 2023-2027 usai namanya diumumkan oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI.

Arif menjadi salah satu dari lima bakal calon Ketum PSSI yang akan berebut kursi. Selain Arif,  Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Fary Djemy Francis.

Pengumuman itu disampaikan setelah masa pendaftaran selesai pada Senin (16/1/2023) pukul 18.00 WIB. Sebelum melaju ke proses pemilihan, Arif Wicaksono dan empat calon lainnya harus lolos verifikasi terlebih dahulu.

Nantinya Arif bakal bersaing dalam pemilihan yang berlangsung saat Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023. Lantas, siapa sebetulnya Arif Wicaksono ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Arif Wicaksono

Sosok bernama lengkap Arif Putra Wicaksono ini lahir di Jakarta pada 21 Oktober 1981. Ia lebih dikenal sebagai seorang pebisnis yang handal.

Perjalanan bisnisnya semakin berkembang setelah berbisnis dengan nama Nine Sport Inc. Saat ini ia adalah Chief Executive Officer (CEO) perusahaan yang bergerak sebagai promotor event olahraga di Indonesia itu.

Sejak satu dekade terakhir, Arif melalui Nine Sport berhasil mendatangkan sejumlah klub-klub Eropa ke Indonesia seperti Hamburg SV, Ajax Amsterdam, Sevilla, Espanyol, Juventus, dan AS Roma, ke Indonesia.

Pada 2013, Nine Sport bekerja sama dengan PSSI untuk menggelar laga persahabatan FIFA Matchday antara Indonesia vs Belanda.

Di tahun yang sama, Nine Sport yang dikelola Arif Wicaksono dan kolega membawa Chelsea ke Indonesia untuk bertanding melawan Indonesia All-Star yang dihuni bintang-bintang ISL saat itu.

Untuk kontribusinya ke sepak bola Indonesia, Arif melalui Nine Sport membawa klub Pro Duta dan Mitra Kukar ke Eropa, begitu juga dengan Timnas Indonesia U-23 dan U-19 ke Spanyol.

Pada 2016, Nine Sport memfasilitasi Evan Dimas untuk menimba ilmu di Espanyol lewat program bertajuk Players Development.

Lulusan Universitas Paramadina ini pernah mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI pada periode 2015-2019 dan 2019-2023.

Namun demikian, Arif Putra Wicaksono selalu gagal dalam dua periode pemilihan tersebut. Kini ia kembali mencoba peruntungan untuk maju di pemilihan Ketum PSSI 2023-2027.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak