Pelatih Top Dunia yang Gagal Juara Piala AFF, Ada Sven-Goran Eriksson

Sven-Goran Eriksson gagal bawa Filipina juara Piala AFF 2018.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 17 Januari 2023 | 21:03 WIB
Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson saat konferensi pers usai melawan Indonesia pada Minggu (25/11/2018) [Sumber: PSSI]

Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson saat konferensi pers usai melawan Indonesia pada Minggu (25/11/2018) [Sumber: PSSI]

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan pelatih top dunia yang gagal meraih gelar juara Piala AFF, meski sebelumnya memiliki rekam jejak mentereng di dunia sepak bola.

Piala AFF edisi 2022 resmi berakhir seiring keberhasilan Thailand mengalahkan Vietnam dengan agregat 3-2 di partai puncak yang berlangsung dua leg.

Usai bermain imbang 2-2 di leg pertama yang berlangsung di Vietnam, Thailand berhasil mengunci gelar juara di markasnya sendiri usai menang 1-0 di leg kedua final ajang dua tahunan ini, Senin (16/1).

Baca Juga: Momen Theerathon Bunmathan Selebrasi ala Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Bikin Pelatih Vietnam Murka

Keberhasilan menjadi kampiun Piala AFF 2022 ini pun menjadi catatan manis bagi Thailand dan pelatihnya, Alexandre Polking.

Bagi Thailand, gelar juara Piala AFF 2022 ini menjadi gelar ketujuhnya dalam 14 edisi ajang ini yang digelar pertama kali pada 1996 silam.

Sedangkan bagi Alexandre Polking, gelar Piala AFF 2022 ini menjadi gelar keduanya di ajang ini sejak menjadi pelatih Thailand.

Baca Juga: Jordi Amat Balik ke JDT usai Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Netizen: Titip Ya

Hebatnya, pelatih kelahiran Brasil ini mampu menjuarai dua gelar Piala AFF dalam waktu kurang dari dua tahun, sejak dirinya ditunjuk menjadi pelatih pada 2021 lalu.

Tak ayal, catatan Polking ini pun melampaui catatan para pelatih yang pernah berkiprah di ajang dua tahunan terakbar se Asia Tenggara ini.

Bahkan, Polking mampu melewati catatan-catatan pelatih top dunia yang pernah berpartisipasi di ajang ini dan gagal menjadi juara.

Baca Juga: Superkomputer Prediksi Arsenal Menangkan Gelar Juara Liga Inggris dengan Keunggulan 6 Poin

Kira-kira, siapa saja pelatih top dunia yang pernah berkiprah di Piala AFF dan gagal menjadi juara?

1. Sven-Goran Eriksson

Bagi penikmat sepak bola dunia, tentu tak asing dengan nama Sven-Goran Eriksson. Pelatih asal Swedia ini dikenal karena kiprahnya yang pernah menukangi Benfica, AS Roma, Lazio, Sampdoria, Manchester City, dan juga Timnas Inggris.

Baca Juga: Usai 3 Bulan Bersama Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan Tak Sabar Bela Persebaya

Meski punya kiprah mentereng, pelatih yang kini berusia 74 tahun itu tak bisa mengulangi kiprahnya di Piala AFF 2018 kala menukangi Filipina, di mana ia dan timnya tumbang di semifinal.

2. Bryan Robson

Nama Bryan Robson juga tak asing di kancah sepak bola dunia. Ia tercatat sebagai eks penggawa Manchester United yang pernah menukangi Middlesbrough, West Bromwich Albion, dan Sheffield United.

Meski punya nama besar dan kiprah kepelatihan yang mentereng, Bryan Robson juga mengalami kegagalan di Piala AFF, tepatnya di edisi 2010 kala dirinya dan Thailand tersingkir di fase grup.

3. Milovan Rajevac

Tak hanya Bryan Robson, Thailand juga pernah gagal di Piala AFF 2018 setelah tersingkir di semifinal kala ditukangi oleh pelatih top bernama Milovan Rajevac.

Padahal Rajevac punya kiprah mentereng di dunia kepelatihan dengan pernah menjadi pelatih Timnas Ghana, Timnas Qatar, dan juga Timnas Aljazair.

4. Shin Tae-yong

Pelatih top dunia lainnya yang gagal di Piala AFF adalah Shin Tae-yong. Ia gagal menjadi juara bersama Timnas Indonesia di dua edisi, yakni 2020 dan 2022 usai kalah di final dan tersingkir di semifinal.

Shin Tae-yong sendiri punya nama besar di level dunia, dengan menjuarai Liga Champions Asia dan pernah membawa Korea Selatan mengalahkan dan menyingkirkan juara bertahan, Jerman di Piala Dunia 2018.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak