Coach Justin Bahas Kriteria Calon Ketua Umum PSSI: Tak Mesti Paham Banget Sepakbola, Tapi...

Menurut Coach Justin Ketum PSSI baru harus memiliki kriteria ini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 18 Januari 2023 | 12:59 WIB
Justinus Lhaksana atau Coach Justin. (YouTube/HAS Creative)

Justinus Lhaksana atau Coach Justin. (YouTube/HAS Creative)

Gol.bolatimes.com - Mantan Pelatih Tim Nasional Futsal Indonesia Justinus Lhaksana atau Coach Justin mengungkapkan kriteria yang harus dimiliki oleh Ketua Umum PSSI di tengah bursa pengurus baru periode 2023-2023.

Menurutnya, Ketum PSSI nantinya tak perlu sosok yang memahami sepak bola secara mendalam, namun memiliki kemampuan manajerial yang bagus selain berpengalaman.

“Kita butuh angin segar, pendapat objektif. Buat saya, selain pengalaman, ketua PSSI tidak harus orang yang mengerti banget soal bola, tapi yang dibutuhkan adalah kualitas manajerialnya," ujarnya di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Justin mengatakan dengan kemampuan manajerial yang baik, diharapkan akan mampu menggerakkan banyak hal di organisasi hingga penggerak untuk sepak bola Indonesia. Sebab hal itu, menurut dia, akan berimbas pada kualitas pemain dan liga nasional ke depannya.

“Mulai dari infrastruktur, pembinaan, kompetisi sejak dini dan sehat yang harus disediakan (oleh PSSI). Dengan investasi di pembinaan, misalnya, hasilnya bisa kita lihat pada 15 atau 20 tahun ke depan, untuk prestasi yang konsisten," ujar pria yang juga pengamat sepak bola tersebut.

“Untuk itu, harus ada gebrakan,” imbuhnya.

Sependapat, penyiar dan komentator olahraga Jerry Arvino menilai, hal-hal yang harus dibenahi di PSSI pun bukan merupakan rahasia bagi banyak orang.

Ia berharap, ketua umum PSSI mendatang bisa memberikan perubahan dalam pembinaan talenta sejak dini, regulasi, kompetisi yang semakin profesional dan sehat, tim nasional yang berkualitas, keamanan stadion, serta manajemen kerumunan atau penonton.

“Itu semua bisa dibenahi kalau ada gerakan dan perubahan nyata yang terjadi. Ada restrukturisasi yang harapannya menjadi angin segar buat kita — supaya Indonesia bukan hanya jadi negara supporter, tapi benar-benar menjadi negara sepak bola,” ujar Jerry.

Ia menambahkan, ketua umum PSSI selanjutnya memiliki pengalaman mumpuni dan mengerti industri yang akan ia masuki.

“Dan harapan saya, adanya sosok yang menempati posisi yang sesuai dan bertanggung jawab, bukan hanya didasari kepentingan tertentu,” kata Jerry.

Sementara itu, pemilihan final dari ketua dan wakil ketua umum PSSI akan dilakukan pada Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI di tanggal 16 Februari 2023.

(Antara)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak